Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Memulai Wirausaha dari Muda

Ahad 09 Dec 2018 13:05 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan memberikan semangat untuk berwirausaha dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT), Ahad (9/12). Acara yang dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa ini bertema

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan memberikan semangat untuk berwirausaha dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT), Ahad (9/12). Acara yang dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa ini bertema "Ciptakan Satu Juta Wirausaha Pemula yang Mandiri" di Ballroom Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta.

Foto: Republika/Lida Puspaningtyas.
Pemuda harus berani berbeda dengan orang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan memberikan semangat untuk berwirausaha dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT), Ahad (9/12). Acara yang dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa ini bertema 'Ciptakan Satu Juta Wirausaha Pemula yang Mandiri'.

"Kalau kita mau berbisnis itu ubah mindset dulu, untuk bisa mandiri, berani berbeda dengan orang lain, terus belajar, kita bisa memilih untuk punya penghasilan berapa pun per bulan," kata Zulkifli di Ballroom Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta.

Ia mengakui menciptakan pengusaha di Indonesia tidak gampang. Namun hal ini bisa dimulai dari perubahan sikap pada generasi mudanya. Para pemuda harus berani berbeda dengan orang lain dalam menjalani siklus kehidupan.

Tidak hanya setelah sekolah kemudian mencari pekerjaan dan menjadi karyawan. Ia menilai zaman sekarang sangat memungkinkan generasi muda untuk mendapatkan pengetahun tentang dunia bisnis dari mana pun.

"Apa pun sekarang ada, mau belajar apa saja ada, aksesnya juga mudah, maka manfaatkan," katanya.

Internet dan pelatihan-pelatihan bisa dijangkau dengan mudah untuk meningkatkan wawasan. Pemerintah juga memiliki beragam program untuk mendorong munculnya wirausahawan baru setiap tahunnya.

Kredit pembiayaan usaha pun semakin dipermudah. Apalagi saat ini industri fintek menjamur. Generasi muda dapat meningkatkan kapabilitas dirinya dan merancang masa depan yang lebih baik tidak hanya bagi dirinya tapi juga Indonesia.

"Kita harus aktif sehingga punya nilai lebih dibandingkan yang lainnya, harus ada perubahan agar tidak jadi orang yang sama setiap tahunnya," kata Zulkifli pada para peserta.

Rektor HIPMI PT, Said Aldi Al Idrus menyampaikan acara ini bertujuan meningkatkan semangat generasi muda untuk memulai wirausaha. Sehingga dapat memberikan sumbangsih nyata pada perekonomian nasional.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler