Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Ketua MPR Yakin Ketua MK yang Baru Amanah

Senin 02 Apr 2018 16:39 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri pelantikan Ketua MK baru, Anwar Usman.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri pelantikan Ketua MK baru, Anwar Usman.

Foto: MPR RI
Zulhasan yakin hakim asal Bima itu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mengucapkan selamat atas terpilihnya Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru periode 2018-2020. Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu yakin, Anwar yang sebelumnya adalah Wakil Ketua MK sejak 2015 tersebut adalah figur yang amanah dan akan menjalankan tugas dengan baik.

"Selamat kepada Ketua MK yang baru. Selamat menjalankan tugas. Saya yakin beliau (Anwar) amanah," kata Zulkifli Hasan d Gedung MK, Senin (2/4).

Politikus asal Lampung itu mengaku sudah kenal lama dengan sosok Anwar Usman. Sehingga Zulkifli yakin hakim asal Bima, Nusa Tenggara Barat itu akan dapat menaikkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada MK.

Terlebih sejak beberapa tahun terakhir ada hakim MK yang terjerat kasus seperti Akil Mochtar dan Patrialis Akbar.

MK, kata pria yang akrab disapa Zulhasan itu, merupakan lembaga penting untuk wajah hukum tata negara Indonesia. MK adalah lembaga yang menjaga dasar-dasar yakni Pancasila dan UUD 45. Sehingga Ketua MK menurut Zulhasan harus bisa mengemban tugas sebaik-baiknya.

"MK itu base of merah putih. Insyaallah, Ketua MK laksanakan tugas dengan baik," ujar Zulhasan.

Hari ini pimpinan MK resmi berganti. Masa tugas Ketua MK sebelumnya Arief Hidayat sudah berakhir. Anwar Usman terpilih melalui voting terbuka yang dilakukan sembilan Hakim MK. Yakni, Arief Hidayat, Anwar Usman, Maria Farida, Wahiduddin Adams, Aswanto, I Gede Pasek Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul, dan Saldi Isra.

Anwar mendapatkan lima suara. Hanya unggul satu suara dari Suhartoyo yang mendulang empat suara. Untuk posisi wakil ketua MK akan dijabat oleh Aswanto. Aswanto mendapatkan lima suara. Unggul satu angka dari Saldi Isra.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler