Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR: Pancasila Harus Jadi Perilaku Sehari-hari

Kamis 01 Jun 2017 10:47 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan selama 19 tahun reformasi, bangsa Indonesia merasakan mulai memudarnya nilai-nilai luhur ke Indonesiaan. Oleh sebab itu diperlukan upaya sungguh sungguh menjadikan Pancasila sebagai implementasi dan sistem tindakan sehari hari.

"Pancasila tidak boleh berhenti menjadi nilai filosofis. Lebih jauh dari itu, Pancasila harus menjadi perilaku sehari hari manusia Indonesia," katanya.

Hal tersebut diungkapkan Zulkifli dalam Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa, di Gedung Nusantara IV, MPR, Senayan Jakarta, Rabu (31/5). Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa banyak kemajuan diraih, tapi kemiskinan masih tinggi, kesenjangan semakin lebar dan pengangguran masih banyak

"Apa yg terjadi tentu bukan kesalahan Pancasila. Masalahnya adalah ketidakmampuan & ketidakmauan kita menjadikan Pancasila sebagai perilaku," ujarnya.

Diungkapkan Zulkifli Hasan, Sistem etika dan tindakan inilah yang menjadi tantangan dalam implementasi Pancasila.

"Sistem etika merupakan seperangkat nilai menyeluruh. Tantangan kita hari ini menjadikan Pancasila mengintegrasikan sistem etika dan tindakan dalam Pancasila," ucap Zulkifli.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler