Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Hidayat Nur Wahid: Gontor Ikut Membangun Bangsa

Senin 19 Sep 2016 11:32 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan

Silaturahmi HNW dengan alumni pondok pesantren Gontor.

Silaturahmi HNW dengan alumni pondok pesantren Gontor.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, Pesantren Gontor memberi banyak kontribusi kepada bangsa. Contohnya dalam sistem pendidikan, yang dilakukan tidak hanya full day school. Namun juga full night school yang ternyata menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

''Dalam hal inilah Gontor bisa menyumbangkan sumber daya manusia yang ikut membangun bangsa dalam beragam bidang,'' kata Hidayat, saat menghadiri acara puncak 90 Tahun Pondok Pesantren Modern Gontor, di Ponorogo, Jawa Timur, Senin (19/9).

Ia menyebut, Cendekiawan seperti Nurcholish Madjid, mantan Ketua Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Ketua NU Hasyim Muzadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, dan Ketua MPR tahun 1960-an Idham Chalid adalah contoh dari suksesnya pendidikan di Gontor.

Gontor dan alumninya, lanjut dia, mampu menyebarkan Islam dengan berbagai corak, moderat, ahlus sunnah waljamaah, dan sebagainya. Dari sinilah Gontor bisa diterima masyarakat secara luar biasa. Sehingga Gontor memiliki 20 cabang di seluruh Indonesia dan alumninya ribuan.

Jenjang pendidikan di Gontor juga berkembang dari TK hingga S3. "Ini sumbangsih yang membuktikan bahwa sistem pendidikan pesantren tetap bisa dijaga, dikembangkan, dan memberi andil dalam peningkatan sumber daya manusia," ujar Hidayat yang juga alumni Gontor.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler