Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

HNW: Berkurban untuk Menyembelih Hawa Nafsu

Senin 12 Sep 2016 08:48 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyampaikan khutbah Idul Adha.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyampaikan khutbah Idul Adha.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid berpendapat, salah satu hikmah penyembelihan hewan kurban adalah untuk menyembelih hawa nafsu yang terdapat dalam jiwa setiap manusia. Artinya, hari raya kurban ini mestinya bisa membuat setiap umat Muslim untuk lebih bisa mengendalikan diri dan menjauhkan diri dari berbagai sikap yang dilarang oleh Allah SWT.

"Salah satu hikmah penyembelihan hewan kurban adalah penyembelihan hawa nafsu," kata politikus Partai PKS itu saat menjadi Khatib di Lapangan Parkir Barat Kampus Bumi LPPI, Jalan Kemang Raya Nomor 35, Jakarta, Senin (12/9).

Hidayat melanjutkan, peringatan Hari Raya Idul Adha juga menunjukan, Islam merupakan agama yang manusiawi. Bagaimana tidak, penyembelihan hewan kurban di hari raya tersebut menunjukan bahwa Islam tidak hanya mengajarkan kesalehan bagi diri sendiri, tapi juga kesalehan sosial.

"Agama islam adalah agama yang sangat manusiawi. Selain mengajarkan kesalehan bagi diri sendiri, juga mengajarkan kesalehan sosial," kata Hidayat.

Idul Adha ini juga menurut Hidayat, mestinya dijadikan momentum untuk mengembalikan setiap umat Muslim kembali menjadi manusia yang beragama. Sementara agama yang dianut adalah agama Islam, yang menghadirkan kebahagiaan sosial.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler