Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Puluhan Artis Curhat kepada Ketua MPR

Jumat 22 Apr 2016 21:29 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ilham

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Puluhan artis menyambangi rumah Ketua MPR RI Zulkifli Hasan hari ini, Jumat (22/4). Kedatangan artis yang terdiri dari musisi, pelawak maupun pemain film untuk menyampaikan keluhan.

Derry Drajad, Ketua Paski atau Persatuan Seniman Komedi Indonesia mengaku trauma dengan para pejabat atau tokoh politik Indonesia. Sebab, ia merasa para seniman hanya dikumpulkan atau dipanggil hanya saat Pilkada maupun Pemilu.

''Paski tidak melulu hanya menghibur, tapi ingin berkontribusi terhadap bangsa,'' kata Derry, saat menyampaikan aspirasi kepada Zulkifli Hasan, Jumat (22/4).

Ia mengatakan, seniman kini mulai ikut terlibat dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui program bela negara dengan menghibur masyarakat di perbatasan, bekerja sama dengan Kementrian Pertahanan. Mereka juga bekerja sama dengan Kemenpora untuk membangkitkan nasionalisme melalui komedi.

''Kami ingin berpartisipasi membangun bangsa lewat komedi,'' ujarnya.

Komedian Nasional Dedi Suwandi Bagito atau Miing menyatakan, mereka butuh pemimpin yang dekat dengan budaya dan seni. Apalagi, warga yang berprofesi seniman adalah warga yang taat pajak dan mandiri.

''Di Indonesia, seniman dan budaya belum dijadikan aset sebagai street diplomacy dan kebudayaan,'' kata Miing.

Menurutnya, kalau tidak ada seniman, Indonesia tidak punya darah. Ia mengatakan, kalau ada orang bilang politik itu kotor, maka yang membersihkannya adalah seniman.

Ia menilai, penting ada perlindungan bagi pekerja seni, terutama melalui organisasi seniman. Karena artis-artis selama ini bekerja melebih jam kerja, tapi kurang perlindungan, terutama dalam sisi hukum. Sehingga, hal itu dinilai melanggar UU Perburuhan.

''Kami artis warga negara yang membayar pajak dan punya hak untuk mendapatkan perlindungan,'' katanya.

Zulkifli Hasan mengatakan, para seniman merupakan publik figur yang dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, ia ingin mendengar pendapat mengenai keadaan dalam berbangsa dan bernegara, seperti apa kondisi parlemen dan pemerintah saat ini.

''Kalian bebas bicara, kritik, marah dan menyampaikan saran juga boleh. Penting kita berbicara untuk kepentingan bangsa dan negara. Saya berharap pertemuan ini tidak hanya satu kali, bagaimana kita mengatur dan mengelola kembali lagi pada kita semua. Mudah-mudahan kawan-kawan artis memberikan sumbangsih pada Indonesia,'' ujar Zulkifli.

Artis-artis yang hadir adalah Zaskia Gotik, Raffi Ahmad, nagita slavina, Julia Peres, Ayu Ting-ting, Pasha Ungu, dan masih banyak lagi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler