Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Zulkifli Hasan: Demokrasi Menang-menangan Tingkatkan Ketimpangan

Senin 07 Mar 2016 20:25 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Dok: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menginginkan demokrasi yang ditempuh di Indonesia sesuai dengan budaya bangsa dan jangan mengikuti demokrasi yang sifatnya "menang-menangan" karena dicemaskan dapat meningkatkan ketimpangan perekonomian di tengah masyarakat.

"Demokrasi kita menang-menangan," kata Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (7/3).

Menurut dia, iklim demokrasi yang ada sekarang di Tanah Air mirip dengan demokrasi yang ada di Barat padahal kedaulatan sekarang di tangan rakyat sehingga dalam pemilu, suara rakyat yang menentukan.

Ketua MPR mengingatkan dengan kondisi yang masih "tidak normal" dengan masih banyaknya kemiskinan dan pendidikan yang belum maksimal maka iklim demokrasi seperti ini dinilai akan menguntungkan kaum elite.

"Demokrasi sekarang mahal, siapa yang dalam pemilu tanpa sponsor dan tanpa modal akan sulit menang, yang maju dalam pemilu tanpa modal tak akan bisa menjadi pemimpin," katanya.

Demokrasi seperti itu, ujar Zulkifli Hasan, yang dinilai bakal menciptakan kesenjangan sosial dan kemiskinan lebih besar lagi di berbagai daerah.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong masyarakat di berbagai daerah di Tanah Air untuk lebih giat dalam berusaha dan berzakat sebagai upaya untuk mengurangi ketimpangan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler