Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Pancasila Itu Sejahtera Bersama, Bukan Menebar Stigma

Kamis 07 Dec 2017 20:33 WIB

Red: Budi Raharjo

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: Humas MPR

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Pancasila adalah ikhtiar untuk sejahtera bersama. Bukan justru menebar stigma sesama saudara sebangsa.

“Bicara Pancasila bukan untuk mengecam orang. Bahas Pancasila untuk atasi kesenjangan dan kemiskinan,” kata Zulkifli saat menjadi pembicara kunci Diskusi Kebangsaan di Kampus Perbanas Jakarta Kamis (7/12).
 
Ia menegaskan Pancasila seharusnya tidak digunakan untuk menebar kebencian dan mengotak-kotakan masyarakat. “Jadi kalau ada aksi damai, ngga perlu khawatir. Yang harus kita khawatirkan itu kalau kesenjangan kaya-miskin melebar. Kalau Jawa-Luar Jawa timpang. Itu masalahnya,” ungkap Zulkifli Hasan menanggapi aksi damai 212 yang berlangsung tertib.
 
Ia menegaskan situasi kebangsaan saat ini seharusnya diselesaikan dengan musyawarah mufakat. “Mari bersama kita menjahit merah putih yang sempat koyak karena perbedaan politik. Kuncinya ayo wujudkan keadilan sosial untuk semua,” tutupnya 
 
Untuk itu ia mengajak civitas akademika Perbanas untuk menjadi pelopor persatuan bangsa. “Mari berhenti bersengketa, apalagi saling menista, kita ini bersaudara,” tutupnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler