Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Zulkifli Hasan Berbagi Kisah Hidup Semasa Kecil

Jumat 16 Sep 2016 21:55 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

 Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri silaturahim bersama pimpinan daerah Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat, Jumat (16/9).

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri silaturahim bersama pimpinan daerah Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat, Jumat (16/9).

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri silaturahim bersama pimpinan daerah Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat, Jumat (16/9). Kepada siswa-siswi pondok pesantren, Zulkifli yang didampingi Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap membagi pengalaman masa kecilnya.

Zulkifli bercerita, saat usianya baru 4 tahun, ia sudah sering diminta orang tuanya ke masjid untuk memukul bedug saat masuk waktu subuh, dan sejak kecil juga dirinya sudah diajarkan mengaji.

"Belum sampai 6 tahun, saya sudah khatam. Di kampung saya kalau khatam potong ayam. Saya senang sekali," ujar Zulkifli.

Bagi Zulkifli, dengan memiliki pengetahuan agama yang baik, maka bisa menyeimbangkan ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah. Sebab menurutnya, ilmu pengetahuan umum saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan.

"Dapat pengetahuan umum dan juga ilmu agama karena cerdas saja tidak cukup. Melalui penelitian, ilmu dan teknologi saja tidak cukup. Tapi lebih penting lagi perilaku. Sehingga dapat lebih tahan terhadap tantangan," kata dia.

Zulkifli juga menceritakan bagaimana perjuangan ibunya untuk menyekolahkannya semasa kecil dulu. Sebab, pendidikan menjadi fondasi utama untuk masa depan.

Karena itu, ia mengingatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan landasan ekonomi yang kuat untuk menjadi bekal generasi muda dalam menghadapi tantangan masa kini.

"Sekolah itu penting. Jadi bagi Ibu-ibu sesulit apapun kondisinya tolong sekolahkan anaknya. Ilmu pengetahuan dan ilmu ekonomi itu penting. Anak-anak sekarang bisa jadi apa saja tergantung daya juang masing-masing," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA