Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

HNW Sebut Pesantren Gontor Punya Hubungan Dekat dengan MPR

Senin 08 Aug 2016 15:01 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Kegiatan Pramuka di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (ilustrasi).

Kegiatan Pramuka di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (ilustrasi).

Foto: Republika/Damanhuri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan ada hubungan kedekatan antara Gontor dan MPR. Menurutnya, sudah ada dua alumni Gontor yang menjadi Ketua MPR, yaitu Idham Chalid dan Hidayat Nur Wahid, yang sekarang jadi Wakil Ketua MPR.

Sejak pondok pesantran itu berdiri di Ponorogo, Jawa Timur, Gontor ikut berjuang memerdekakan Indonesia dan menghadapi pemberontakan PKI baik di tahun 1948 maupun 1965. "Gontor menyelamatkan Indonesia dari pemberontakan PKI," kata Hidayat, di hadapan ratusan santri dan santriwati Pondok Pesantren Gontor, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (8/8).

Meski demikian, lanjut Hidayat, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar dengan berbagai ormas sudah sering dilakukan. Setelah 90 tahun berdiri, alumni Gontor mengisi kemerdekaan di berbagai lini dan metoda.

Dalam kesempatan itu, ia menginginkan agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti dalam moto Peringatan 90 Tahun Gontor, yaitu 'Mengestafetkan Nilai-Nilai Perjuangan Untuk Generasi Berikutnya'.

Sebagai pesantren yang aktif terlibat dalam memerdekakan bangsa dan mengisi kemerdekaan , Hidayat dengan tegas mengatakan Gontor harus mengestafetkan 4 Pilar. "Ini negeri milik kita dan untuk itu kita harus mencintainya," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler