Kamis 11 Jul 2013 07:56 WIB

Smartphone dan Super Wifi

Super Wifi
Foto: IST
Super Wifi

REPUBLIKA.CO.ID,Meningkatnya kebutuhan pemakaian smartphone di kelas menengah memicu pecahnya rekor pengiriman smartphone ke pasar Indonesia. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kontribusi smartphone naik secara signifikan. Tahun ini, total pengirimannya sebesar 216,2 juta smartphone di Q1 (kuartal pertama) 2013. Data ini dicatat oleh International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Smartphone sangat berguna untuk masyarakat Indonesia. Diantaranya, smartphone berguna untuk mengakses media sosial dan hiburan. Agar penggunaan smartphone tercukupi, dibutuhkan koneksi jaringan yang cepat. Akan tetapi, untuk mendapatkan jaringan yang cepat, masyarakat perlu membayar sejumlah pulsa atau dengan berlangganan paket internet yang juga mengurangi jumlah pulsa mereka. Meskipun tarif yang disediakan sudah cukup murah, namun banyak masyarakat yang masih merasa mahal. Oleh karena itu, masyarakat lebih suka menggunakan wifi yang gratis. Apalagi wifi yang disediakan berada di tempat yang sering mereka kunjungi.

Indosat menanggapi hal ini dengan meluncurkan secara resmi layanan Super Wifi. Indosat super wifi merupakan layanan internet Unlimited melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi yang diperuntukan bagi seluruh pelanggan Prabayar dan Paskabayar paket Data Indosat. Kecepatan super wifi yang disediakan hingga 20 Mbps. Menurut Oky, salah satu pengguna indosat super wifi, "Enak pakai super wifi! Cepat banget... Kecepatannya sampai 4 MBps di Pizza Hut Kemang."

Indosat super wifi bisa dipakai di smartphone Blackberry, Apple iOS, Android, dan Windows Phone. Pemakaiannya tanpa harus mengisi username dan password (seamless), hanya cukup menggunakan SIM Card Indosat yang masih dalam periode masa aktif.

Indosat super wifi sudah tersedia di beberapa lokasi di Indonesia, seperti: Bali, Batam, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Medan. Indosat pun menyediakan super wifi tersebut di beberapa area, seperti: Universitas, Sekolah, Mall, Kafe/Restoran, Stasiun, Kantor, Hotel, dan Rumah Sakit.

Pemakaian super wifi di smartphone memuaskan. "Koneksinya cepat tidak terlalu lambat, saya pun merasa puas. Apalagi aksesnya gratis, hehehe." kata Andhi, pelanggan super wifi. Jadi, smartphone dan super wifi memang cocok banget!

Penulis: Fitriah Ilmi (Mahasiswi Institut Pertanian Bogor)

sumber : IPB
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement