Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

SKHUN Asli Jadi Kendala Calon Siswa Luar DIY

Rabu 10 Jul 2013 15:14 WIB

Red: Taufik Rachman

Suasana penerimaan siswa baru

Suasana penerimaan siswa baru

Foto: republika/amin madani

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sejumlah wali siswa pendaftar SMP di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari luar provinsi ini menghadapi kendala belum turunnya surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) dari pemerintah setempat.

Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Dasar Bantul, Darwati di Bantul, Rabu mengatakan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2013 tingkat SMP Negeri hari ini merupakan hari terakhir, kemudian untuk SMP Swasta berlangsung hingga 12 Juli mendatang.

"Dari hasil pemantauan sementara ada permasalahan yang dihadapi orang tua wali murid dari luar DIY, seperti dari Jawa Tengah itu ada yang belum menyerahkan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) karena belum diterima," katanya.

Menurut dia meski tidak mengetahui berapa pasti jumlah wali siswa yang belum menyerahkan SKHUN tersebut, namun hampir semua SMP di Bantul yang menerima calon siswa baru luar DIY melaporkan bahwa belum menerima SK tersebut.

"Kalau calon siswa dari Bantul dan DIY SKHUN tingkat SD sudah diterbitkan, sehingga tidak masalah. Sehingga kami minta mereka (calon siswa luar DIY) untuk menyerahkan SK dari sekolah sambil menunggu SKHUN dibagikan," katanya.

Ia mengatakan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Bantul, bahwa tiap SMP pada penerimaan PPDB tahun ini harus menyediakan kuota siswa baru dari luar Bantul sekitar 25 persen dari total daya tampung siswa di sekolah.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA