Kamis 11 Jul 2013 16:04 WIB

Pedikur Sendiri di Rumah, Yuk!

Pedikur sendiri
Foto: indianbeautyworld.com
Pedikur sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak perlu melakukan perawatan mahal di salon untuk pedikur. Ternyata, Anda juga dapat melakukan sendiri di rumah. Ini triknya seperti dikutip dari situs rosejwl.com:

 

Rendam kaki dalam air hangat

Siapkan wadah yang cukup untuk menampung kedua kaki dari telapak hingga mata kaki. Atau, gunakan saja tempat khusus untuk merendam kaki. Isi wadah itu dengan air hangat dan taburi dengan garam mandi. Bila tidak ada garam mandi, Anda dapat menggunakan garam laut. Garam ini akan mengangkat bagian kulit kaki yang kering. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun atau VCO (virgin coconut oil) dan rendam kaki Anda selama 10-15 menit.

 

Buang sel-sel kulit kaki yang mati dan kasar

Lakukan pemijitan di seputar kaki dengan menggunakan body scrub. Awali dari bagian atas kaki hingga ke telapak kaki. Diamkan body scrub beberapa saat, kemudian gunakan sikat khusus untuk perawatan kaki. Mulailah dari atas mengarah kebawah sehingga sel-sel kulit yang mati dan kasar pun terkelupas. Selanjutnya, cuci kedua kaki dengan air dingin. Olesi kaki dengan minyak zaitun atau VCO untuk melembutkannya.

 

Rawat kutikula dan bentuk kuku

Gunting kuku kaki dengan bentuk kotak untuk memudahkan pertumbuhan selanjutnya. Jangan pernah mengunting kutikula karena akan mengundang bakteri masuk ke dalam kulit. Untuk perawatan kutikula, dorong kutikula ke bagian dalam dengan menggunakan stik khusus yang dapat dibeli di toko-toko alat kecantikan. Stik khusus ini tersedia dalam banyak pilihan, ada yang berasal dari batang buah jeruk dengan aroma menyegarkan.

 

Pijat kaki dengan krim pelembab

Keringkan kaki dengan handuk, kemudian lakukan pemijatan dari ujung jari hingga betis sambil balurkan krim pelembab. Lalukan secara merata dan perlahan. Pijatan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di wilayah kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement