Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Musisi Muslim AS Padukan Nasyid dan Genre Musik Lain

Senin 08 Jul 2013 19:07 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Mo Sabri

Foto: Youtube
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Komunitas Muslim AS tak lagi kaku berkreasi dalam mengembangkan musik religi, atau yang lebih dikenal sebagai nasyid. Mereka mulai memadukan jenis musik lain seperti Hip-hop atau  Rock n Roll dengan nasyid guna memperkaya nuansa bermusik tanpa kehilangan esensi musik nasyid itu sendiri.

Seperti dikutip The Washington Post, Mo Sabri, pemuda Muslim asal Tennese yang merupakan musisi menilai musik yang berisikan pesan moral atau keyakinan terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya ini tidak kaku dalam bersanding dengan jenis musik lainnya.

Sabri sendiri telah menulis lagu nasyid hip-hop sejak dua tahun lalu. Ia publikasikan karyanya via iTunes dan jejaring sosial Youtube. Lagunya berjudul "Heaven is Where Her Hearth is" menjadi favorit. Begitu pula lagi "I Believe in Jesus" yang telah disaksikan jutaan akun di Youtube.

Bagi Sabri, lagu itu, memperlihatkan bagaimana seorang Muslim menghormati Yesus sebagai Nabi. Lagu ini mungkin akan menjadi perdebatan tapi tidak kehilangan tujuannya.

Saat ini, Youtube merupakan medium efektif bagi musisi Muslim memperkenalkan karyanya kepada publik AS. Tak heran, bila musisi Muslim pedatang baru banyak memanfaatkanya guna lebih dikenal.

Dawud Wharnsby, pengamat musik menilai perkembangan yang terjadi pada musisi Muslim memperlihatkan ada rasa nyaman dalam bekarya tanpa harus "galau" dengan identitasnya.

Chief Editor Munsyeed.com, Usamah Kazaruzaman menilai setiap karya musisi Muslim dapat mempromosikan ajaran Islam kepada masyarakat Barat. "Jelas pesannya sangat kuat. Karena lagunya berisi tentang ajaran Islam tentang rahmatan lil alamain," kata dia.

Di kalangan musisi Muslim sendiri ada harapan, generasi muda Muslim mau mendengarkan nasyid.  Ini karena, ada kebanggaan tersendiri yang seharusnya muncul ketika mendengarkan lagu-lagu karya musisi Muslim.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA