Kamis 04 Jul 2013 21:20 WIB

Cavendish Rajai Tahapan Kelima Tour de France

Mark Cavendish
Foto: AP/Bas Czerwinski
Mark Cavendish

REPUBLIKA.CO.ID, MARSEILLE -- Mark Cavendish meneruskan kiprah mengesankan dalam perlombaan Tour de France 2013 ketika pebalap Inggris itu mendekati rekor kemenangan tahapan setelah tampil tercepat pada sprint tahapan kelima yang berlangsung pada Rabu.

Pebalap dari Tim Omega Pharma-Quick Step itu melahap tahapan kelima sepanjang 228.5 kilomter dari Cagnes ke sur-Mer dengan mengalahkan pesaingnya Edvald Boasson Hagen (Norwegia) dan Peter Sagan (Slovakia).

Cavendish, yang mengumpulkan 24 kemenangan tahapan dalam Tour de France, kini terpaut jumlahnya dengan yang dibuat Eddy Merckx.

"Terus terang saja, sprint hari ini amat sulit bagi saya. Saya kurang bagus, tapi saya berhasil melakukannya,'' kata pebalap itu kepada wartawan.

Cavendish, yang berjuang keras mengatasi bronhitis yang pernah menyerangnya, berterima kasih kepada pebalap Prancis Sylvain Chavanel serta atlet Jerman Tony Martin, yang sempat berada di depannya. Kemudian ia melewati mereka pada lima kilometer terakhir.

"Saya sudah merasa baikan tapi belum 100 persen sehat dari penyakit saya minggu lalu. Tapi, kami harus melakukan yang terbaik yang dapat kami buat," kata Cavendish, yang melakukan hal sama seperti pada lomba 2008, 2010 dan 2011 ketika harus menunggu hingga tahapan kelima baru dapat memenangi lomba.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement