Harga Tiket Pesawat Naik 100 Persen

Red: A.Syalaby Ichsan

 Rabu 03 Jul 2013 11:34 WIB

Mudik dengan pesawat di Bandara Soekarno Hatta Foto: Wihdan Hidayat/Republika Mudik dengan pesawat di Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Harga tiket pesawat di sejumlah agen biro perjalanan di Makassar, melambung hingga di atas 100 persen dari harga normal menjelang bulan suci Ramadhan.

"Permintaan tiket sejak pekan lalu, cukup tinggi karena bertepatan pula dengan hari libur sekolah dan menjelang Ramadhan," kata salah seorang agen tiket Iramasuka, Novi, di Makassar, Selasa (2/7).

Dia mengatakan, pada musim liburan ini, harga tiket penerbangan selalu melonjak, sehingga pihak travel menjual ke konsumen sesuai dengan perubahan harga yang ada.

Sebagai gambaran, tiket Makassar-Kendari (UPG-KDI) atau sebaliknya yang biasanya hanya sekitar Rp 400.000, kini harus ditebus Rp 800 Ribu per kursi.

"Begitu pula Makasar-Ternate (UPG-TTE) sudah mencapai Rp 1,3 juta padahal biasanya hanya Rp 650.000 perorang," katanya.Hal senada dikemukakan staf penjualan tiket M-Travel di Makassar, Sinta.

Dia mengatakan, pada musim libur sekolah dan memasuki bulan suci Ramadhan, selalu terjadi peningkatan permintaan tiket. Sementara kapasitas kursi yang tersedia cenderung tetap.

"Kalaupun ada yang mendapatkan tiket murah, itu karena jauh-jauh hari sudah memesan atau membeli terlebih dahulu," katanya. Namun jika satu atau dua hari sebelum pemberangkatan, lanjut dia, rata-rata harga tiketnya sudah naik di atas 50 persen dari harga normal.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X