Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Gitaris Satu Jari Kampanye Penyelamatan Badak Jawa

Ahad 30 Jun 2013 14:50 WIB

Red: Taufik Rachman

Badak (ilustrasi)

Badak (ilustrasi)

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Doddy "MR D" Hernanto, gitaris satu jari asal Jawa Timur yang juga mantan personel band bergenre rock, Boomerang, melakukan roadshow di Yogyakarta untuk mengkampanyekan penyelamatan Banteng Jawa (Bos Javanicus) yang terancam punah.

Dikonfirmasi menjelang keberangkatannya ke Yogyakarta, Mr D saat ditemui di kandang pemuliabiakan Banteng Jawa dan Sapi Bali di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan, Minggu mengatakan, kampanye tersebut merupakan upaya bersama forum pecinta satwa liar Indonesia (FOKSI) untuk menyelamatkan eksistensi herbivora langka yang kini populasinya tingal 26 ekor tersebut.

"Banteng Jawa merupakan satu dari lima spesies banteng di dunia dimana satu dari lima spesies banteng itu, Bos Primigenius (Auroch) telah dinyatakan punah. Jadi jika tidak segera diselamatkan maka nasib Banteng Jawa juga akan punah," katanya sambil menunjukkan beberapa ekor Sapi Bali hasil perkawinan silang dengan Banteng Jawa di TSI II Prigen.

Doddy mengatakan populasi banteng di seluruh dunia diperkirakan tidak lebih dari 8000 ekor, bahkan dimungkinkan kurang dari 5.000 ekor.

Sementara Banteng Jawa sendiri sejak tahun 1996 dinyatakan dalam status terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

"Saat ini populasi Banteng Jawa di Taman Nasional Baluran Situbondo sendiri tersisa 26 ekor. Padahal pada pertengahan dasawarsa 1990-an, populasi banteng liar di Hutan Baluran ini lebih dari 200 ekor. Demikian pula di Taman Nasional Meru Betiri, Alas Purwo dan Ujung Kulon," kata mantan keyboardis beberapa album grup musik rock Boomerang tersebut.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA