Sabtu 29 Jun 2013 21:16 WIB

Dua Mercedes Pimpin GP Inggris

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
Lewis Hamilton
Foto: Reuters/Marcelo del Pozo
Lewis Hamilton

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Duo pembalap Mercedes tampil sebagai yang tercepat di sesi kualifikasi Formula One di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (29/6) malam WIB. Pembalap tuan rumah, Lewis Hamilton mampu memutari lap sepanjang 5,891 kilometer itu dengan catatan waktu 1 menit 29,607 detik. 

Tampil di depan publik sendiri dimanfaatkan Hamilton dengan catatan apik. Alhasil, pole yang didapat Juara Dunia F1 2008 itu merupakan yang pertama sejak GP Shanghai, Cina, April lalu. 

Hamilton tampak tidak percaya dengan pencapainnya. Namun ia tidak mau larut dalam kebahagiaan lantaran lomba sesungguhnya belom dilakoninya. Ia hanya berharap dapat melakukan perlombaan lebih baik seperti hasil kualifikasi. 

"Ini adalah perasaan yang luar biasa. Rasanya seperti (meraih pole) 2007," kata Hamilton dikutip BBC Sport. Rekan setimnya dari Jerman, Nico Rosberg menyusul di belakangnya dengan catatan 1 menit 30,059 detik.

Dua pembalap Red Bull, Sebastian Vettel dan Mark Webber membuntuti di urutan ketiga dan keempat. Vettel yang sedang memuncaki klasemen hanya mencatatkan waktu 1 menit 30,211 detik. Sementara Webber yang akhir musim ini pensiun dari lintasan terpaut tipis, 0,009 detik. "Kita lihat apa yang akan terjadi besok (hari ini)," kata Vettel. 

Ia berjanji bakal mengadang Hamilton yang menunjukkan performa luar biasa. "Saya tidak tahu apakah Lewis (Hamilton) menemukan jalan pintas atau dia hanya menemukan sesuatu yang istimewa di sini."

Melihat konfigurasi pembalap, seri di Inggris bisa mengubah klasemen pembalap. Saat ini, Vettel masih kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 132 poin. Alonso membuntuti di urutan kedua dengan 96 poin, Kimi Raikkonen mengumpulkan 88 poin, dan Lewis Hamilton 77 poin. Jika Hamilton mampu mempertahankan performa kualifikasi di dalam lomba, bukan tidak mungkin dia bisa menyodok ke urutan dua besar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement