Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

RS Sardjito Baru Pertama Rawat Bayi Satu Badan Kepala Dua

Sabtu 29 Jun 2013 06:31 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Fernan Rahadi

Rumah Sakit Sardjito

Rumah Sakit Sardjito

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bayi satu badan berkepala dua yang lahir di Majenang, Purwasari, Wanareja,  Cilacap Rabu (26/7) akhirnya dirawat di NICU (Neonatal Intensive Care Unit) RSUP Dr Sardjito sejak Kamis petang (27/6) pukul 18.22. Berat badan bayi setelah sampai di RSUP Dr Sardjito 38,86 gram dan panjang 46 centimeter.

"Meskipun RSUP Dr Sardjito sudah beberapa kali menerima kiriman bayi kembar siam, tetapi baru pertama kali menerima bayi berbadan satu dengan dua kepala atas istilah medisnya Paraphagus Discephalus on Joined Twins,'' kata Kepala Bagian Humas dan Hukum RSUP Dr Sardjito Trisno Heru Nugroho pada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (28/6).

Menurut Heru, kondisi bayi bagus dan stabil. Namun karena dikhawatirkan rentan terhadap infeksi, maka dirawat di NICU. Saat ini sedang direncanakan pembentukan tim dokter yang akan menangani bayi anak dari pasangan Munjiah (26 tahun) dan Usman (36 tahun) ini. Tim dokter kemudian akan terbentuk pada Senin (1/7).

Upaya awal yang dilakukan di RSUP Sardjito adalah membuat kondisi bayi stabil, dengan dilakukan pemasangan oksigen kanal 1 liter per menit, infus D10, dan NGT (selang untuk memasukkan cairan pengganti ASI). ''Hari ini (Jumat, 28/6-red) tim dokter sedang rapat untuk pemeriksaan organ dalam apakah duplikasi organ atau tidak,''tuturnya.

Dikatakan Heru, RSUP Dr Sardjito tidak mungkin dilakukan pemisahan kepala karena badannya hanya satu. Biasanya kalau dilakukan pemisahan bila badan dan kepala ada dua. Untuk biayanya, karena pasien ditanggung jampersal, maka sampai usia 28 hari perawatan pasien gratis.

Apabila setelah 28 hari masih dirawat di RSUP Dr Sardjito, biaya perawatan  pasien dengan jaminan khusus dari rumah sakit tetap masih ditanggung pemerintah. Kalau ditanggung sendiri, biaya di NICU diperkirakan sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 3,5 juta per hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA