Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Bayi Berkepala Dua Lahir Sehat di Majenang

Kamis 27 Jun 2013 10:06 WIB

Rep: Eko Widianto/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: nydailynews

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Bayi berkepala dua atau yang lebih dikenal dengan istilah medis Parapagus Dicephalus, lahir sehat di RS Bersalin Duta Mulia di Majenang Kabupaten Cilacap.

Bayi laki-laki yang merupakan anak kedua pasangan Munjiyah (27) dan Usman (34) warga Desa Purwosari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, dilahirkan melalui operasi cesar Rabu (26/6) malam, pukul 21.25 WIB.

''Kondisi bayi, dalam kondisi sehat. Pernafasan bayi teratur baik, dengan berat tubuh normal 4.200 ons dn panjang 46 centimeter,'' jelas Dr Tatang Mulyana SpOG, dokter RSB Duta Mulia yang menangani proses persalinan Ny Munjiyah.

Dia menyebutkan, dari hasil observasi sementara melalui USG (Ultrasonography), kondisi tubuh dan organ yang normal. Yang membedakan, hanya memiliki dua leher untuk menopang dua kepala.

''Kondisi fisik tubuh, semuanya terlihat normal. Ada dua tangan dan kaki. Demikian juga organ dalam tubuhnya, seperti jantung dan paru-paru, semuanya normal,'' kata dia.

Tapi untuk kepastian kondisi kesehatan bayi secara keseluruhan, dr Tatang menyatakan akan mengirim bayi tersebut ke RSUP Sardjito Yogyakarta, untuk observasi lebih lanjut.

''Kalau dari obrservasi sementara, seluruh kondisi tubuh dalam kondisi sehat dan normal. Tapi untuk lebih pastinya, seperti untuk mengetahui jalur pernafasan dan pencernaan bayi dari bagian mulut dan hidung, hingga ke organ dalam tubuh bayi, harus dilakukan oleh RS yang memiliki peralatan yang lebih lengkap,'' ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA