Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

 

Yuk, Ajak Anak Berpuasa Ramadhan

Kamis 27 Jun 2013 12:13 WIB

Red: Endah Hapsari

Anak berpuasa (ilustrasi)

Anak berpuasa (ilustrasi)

Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan hal mudah bagi orang tua untuk mengajak anak berpuasa. Karenanya, orang tua perlu kreatif merancang strategi untuk menciptakan Ramadhan yang menyenangkan bagi anak. Berikut tips yang dapat Anda terapkan:

* Sebelum Ramadhan, Anda bercerita pada anak tentang kisah-kisah menarik seputar Ramadhan. Anda dapat mengambilnya dari kisah Rasulullah dan para sahabat atau bahkan dari pengalaman masa kecil Anda sendiri.

* Agar anak mau membuka mata dengan gembira saat sahur tiba, tak ada salahnya menyediakan minuman serta camilan khusus kegemaran anak yang jarang diperoleh di luar bulan Ramadhan. Bisa juga siapkan pula menu sahur yang istimewa sesuai dengan selera anak, menyetel lagu-lagu kegemaran mereka, atau mencarikan acara anak khusus bangun sahur di televisi.

* Biasakan anak melakukan shalat tarawih berjamaah di masjid, tadarus Alquran. Ada baiknya menyarankan anak mengikuti pesantren Ramadhan yang bisa dijadikan pengalaman tak terlupakan. Sebab, pesantren Ramadhan hanya ada dalam bulan Ramadhan.

* Sekali-kali, Anda dapat mengundang teman-teman dekat anak untuk berbuka puasa atau sahur bersama. Ini untuk mengondisikan lingkungan bermain dan kehidupan sehari-hari si anak hingga ia merasa senang tertarik untuk mulai turut mencoba.

* Ajak anak melakukan hal-hal yang ia senangi untuk mengalihkan rasa laparnya. Misalnya dengan mengajaknya membaca buku, membuat kerajinan tangan atau menonton VCD untuk anak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES