Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Dukung Oposisi Suriah, Hamas Diusir Hizbullah dari Beirut

Selasa 25 Jun 2013 16:02 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Djibril Muhammad

Aktivis Hamas Palestina.

Aktivis Hamas Palestina.

Foto: AP/Adel Hana

REPUBLIKA.CO.ID, Hubungan Hamas dan Hizbullah Lebanon semakin menegang. Setelah pernyataan Hamas yang menyerukan Milisi Syi’ah Hizbullah agar hengkang dari Suriah, kini Hizbullah membalas dengan rencananya akan mengusir anggota Hamas dari Beirut.

Seperti dilaporkan Ahrar Press, Selasa (25/6), memanasnya hubungan kedua pihak dipicu setelah pernyataan Hamas tersebut. Kini, beberapa pemimpin dan anggota Hamas terancam akan terusir dari Beirut. Bahkan, lima pejuang Hamas telah ditangkap milisi Syiah Hizbullah Lebanon saat pasukannya melakukan invasi militer di kota Qusayr, propinsi Suriah.

Pimpinan Hamas di Beirut, Ali Barakah pun dipanggil petinggi Syiah Lebanon. Dalam pertemuanya dengan Kepala Divisi Intelijen milisi Syiah Hizbullah Lebanon, Wafiq Shafa, pimpinan Hamas tersebut diancam untuk tidak ikut campur soal Suriah. Wafiq juga mengancam akan menutup seluruh kantor perwakilan Hamas di Beirut Selatan jika Hamas dianggap tidak lagi mau bekerja sama.

Ali Barakah dan seluruh anggotanya pun diperintahkan segera meninggalkan Beirut. Seluruh sel Hammas di Beirut Selatan juga mendapat perintah untuk segera angkat kaki dari Lebanon. Sumber lain dari Koran Mesir Al Ahram mengatakan, Ali Barkah menampik berita itu.

Ia juga membantah sumber-sumber Lebanon dan Suriah yang mengatakan jika Hamas tidak segera melaksanakan ancaman milisi Syiah Hizbullah itu, maka milisi Syiah Hizbullah Lebanon akan mengusir seluruh anggota Hamas dengan paksa. Juga disebutkan, Hizbullah akan melakukan sweeping khususnya di wilayah-wilayah kota Beirut yang ditempati Hamas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA