Selasa 25 Jun 2013 07:44 WIB

Lahirnya Sweet Iron Lowrider Bicycle Community (3-habis)

Bersepeda dengan 'Lowrider'.
Foto: SIL-BC
Bersepeda dengan 'Lowrider'.

Dengan nama Sweet Iron Lowrider inilah kami pernah diajak mewakili kelurahan di wilayah Walikota Jakarta Selatan untuk gowes bareng Bakti Sosial ke Bogor (baca kisah sebelumnya di sini). Salah satu stafnya memberi regulasi agar kami gowes dengan satu jenis sepeda tertentu saja dan kami berbeda sepeda dengan mereka. Karena kami tidak bisa menerima regulasi itu, maka dengan rombongan 11 lowrider kami putuskan untuk gowes terpisah dari rombongan walikota tersebut.

Alhamdulillah kita sampai dengan selamat, walau ada hambatan yang menghantam kami. Salah satu anggota kami terjangkit demam tinggi akibat kurang matangnya persiapan untuk menempuh jarak 60 Km.

Di sela-sela acara salah satu anggota nyeletuk, "gimana kalo kita gowes di Bandung, karena gowes ke Bogor aja nyampe".

Pada bulan Juli 2009, kami pun menggeber impian kami untuk gowes di Kota Bandung. Dengan menyewa sebuah truk angkut barang, 16 anggota berangkat dalam satu truk tersebut beserta sepedanya menuju Kota Bandung.

Di Bandung kami disambut oleh Bandung Lowrider Syndicate (BSL) dan R2 Team Cruiser Division. Kami diajak berkeliling kota selama kurang lebih lima jam.

Setelah bergaul dengan komunitas lowrider lainnya, kami mendapat banyak informasi di bidang sepeda lowrider khususnya di Indonesia. Informasi yang kami dapat juga semakin banyak seperti forum sepeda, tempat pembuatan part yang baru, penjual part-part unik nan langka hingga acara komunitas lowrider seperti kontes dan gathering.

Kami menyadari bahwa seiring berjalannya waktu, akan memancing banyak anggota baru untuk bergabung dengan SIL-BC. Sehingga kami memutuskan untuk fokus melakukan konsolidasi ke dalam (internal) dengan tujuan membangun fondasi komunitas yang kuat.

Konsolidasi tersebut berupa usaha untuk membantu memecahkan masalah yang timbul di antara para anggota dan memberi motivasi ke anggota. Kami menganggap seluruh anggota itu adalah satu keluarga dan saudara.

Kami tidak hanya berteman dengan komunitas lowrider saja, tetapi kami juga berteman baik dengan komunitas lainnya seperti KosKas (Komunitas Sepeda Kaskus), KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia), Komunitas Onthel Batavia (KOBA), Polo Bike Dukuh Atas, Onthel Jakarta Selatan (OJS), Komunitas Oldskool BMX, Komunitas BMX Senayan, Komunitas Sepeda Goyang, Komunitas Gowes Indonesia, Komunitas Sepeda Jangkung, Komunitasw Sepeda Lipet Indonesia, Komunitas Sepeda Rombongan Suka-suka (ROSSA), Bikepacker Indonesia, Bike2Work Selatan (ROSELA) dan komunitas lainnya, baik komunitas sepeda atau komunitas musik. 

Fazri Muharom Karim

Rubrik ini bekerja sama dengan Sweet Iron Lowrider Bicycle Community

Blog: sweetiron123.blogspot.com

Facebook: SWEET IRON LOWRIDER

Twitter: @SIL_BC

Youtube: omdjoko

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement