Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Banyak Masjid Baru Dibangun di Amerika

Senin 24 Jun 2013 14:15 WIB

Rep: Rosita Budi Suryaningsih./ Red: Citra Listya Rini

Salah satu masjid di Amerika

Salah satu masjid di Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa waktu yang lalu, sebuah masjid baru di bangun di Amerika Serikat (AS), tepatnya di Rowland Heights. Ini merupakan slah satu bukti bahwa pembangunan masjid sedang merebak di Amerika Serikat, baik di negara bagian California Selatan maupun di daerah lainnya.

Jumlah masjid pun meningkat secara signifikan di daerah Mission Viejo, Irvine, Anaheim, Reseda, Rancho Cucamonga, Rosemead, Diamond Bar dan Tustin. Beberapa amsjid baru lagi juga direncanakan akan dibangun di Temecula, Ontario, Lomita dan Corona.

Fenomena pembangunan banyak masjid baru ini, terutama di Rowland Height menjadi sorotan publik AS. Masjid baru ini didanai sepenuhnya oleh kaum muslim setempat, yang telah menetap di daerah tersebut sejak tahun 1960. Hal ini menarik karena sebelum-sebelumnya setiap ada pembangunan masjid baru pasti didanai oleh pihak asing.

Hal ini bisa ditelisik karena pemerintah AS sendiri memperketat pengawasannya pada investasi asing, terutama dari negara-negara Islam, sejak peristiwa teroris 11 September. Kaum muslim di AS juga enggan menerima bantuan dari pihak asing. 

"Ini menjadi mengubah pandangan mereka," kata Direktur Dewan Syura Islam California Selatan, Shakeel Syed, seperti dikisahkan di Los Angeles Times.

Syed mengatakan, setelah persitiwa 11 September, terjadi perubahan yang dinamis pada kaum muslim di Amerika Utara. Mereka pada umumnya mulai sadar untuk mengembangkan dana mereka sendiri. "Meski membutuhkan waktu yang lebih lama," ujarnya.

Syed memaparkan kini banyak kaum muslim di AS yang telah sukses dalam beberapa dekade terakhir. Bisnis mereka pun dirasa aman meski negeri ini diterpa krisis ekonomi karena kaum muslim mampu membeli properti undervalued dan tidak mengambil investasi berisiko.

Kebanyakan masjid di Amerika masih berupa bangunan yang diperuntukkan untuk beribadah. Namun beberapa konsep masjid yang baru, contohnya Islamic Center di San Gabriel Valle, jumlah telah meningkat dalam dekade terakhir. 

Jumlahnya kini menjadi sekitar 632 buah di tahun 2011, meningkat dua kali lipat dari tahun 2000 yang hanya berjumlah 314 buah. Angka ini didapatkan dari American Mosque Study di tahun 2011 lalu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA