Senin 24 Jun 2013 13:56 WIB

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Istanbul Gelar Mega Event Pertama

Istanbul
Foto: visit2istanbul.com
Istanbul

Democratic and Economic Youth Summit (DEYS) adalah mega-event pertama yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Istanbul (PPI Istanbul), didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul. Di event ini, para pemimpin masa depan membahas cara menciptakan Indonesia baru melalui sumber-daya non alami dengan mengadaptasi Turki sebagai pemain global baru.

Acara ini adalah yang pertama dari mega forum tahunan di Turki, di mana pemuda Indonesia dan pelajar dari seluruh dunia diharapkan untuk terlibat. Setelah mempertimbangkan kemauan dan sumber potensi kekayaan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, seri pertama DEYS mengangkat tema "Re-inventing Indonesia through Its Non-Natural Resources Potency to Accomplish the Collaboration between Indonesia and Turkey as a new Global Player".

Tujuan utama kami yakni mengejar ide-ide lebih lanjut dan inovasi untuk memenuhi visi Indonesia sebagai negara terkemuka di bidang ekonomi, didukung oleh posisinya sebagai negara demokrasi terbesar ketiga. Mahasiswa, cendekiawan, intelektual dan ahli akan berkumpul di Istanbul untuk membahas langkah-langkah dan strategi untuk lebih dekat dengan perubahan yang lebih besar.

Sebagai pelajar Indonesia di Turki, PPI Istanbul ingin mendorong masyarakat dalam lingkup yang luas untuk belajar dan mengembangkan kerja sama antara Turki dan Indonesia sebagai pemain global yang baru.

Secara keseluruhan, program ini bermaksud untuk mencapai empat tujuan utama; Membangun jalan baru kerja sama antara Indonesia dan Turki di masa depan; Menyediakan forum dinamis pada pertukaran ide antara perspektif Turki dan pandangan Indonesia; Menghubungkan peserta berbakat dengan para pemimpin saat ini dalam bisnis, pemerintahan dan akademisi; Meneruskan DEYS untuk tahun-tahun mendatang dengan menciptakan jaringan yang kuat dan hubungan jangka panjang antara alumni DEYS.

Pelajar Indonesia dari 30 negara diharapkan untuk terlibat. Dengan demikian, mereka akan memiliki kesempatan untuk menjadi pembicara dengan menghadirkan paper mereka, moderator dalam setiap sesi di forum dan lokakarya, dan peserta umum. Namun, pelajar dari negara-negara lain juga bisa bergabung dengan beberapa syarat yang ditentukan.

Untuk mengikuti acara ini salah satu syaratnya yaitu dengan mengirimkan abstrak berisi maksimum 250 kata dan harus ditulis dalam Bahasa Inggris. Setiap peserta hanya dapat menyajikan satu makalah di konferensi. Abstrak akan ditinjau oleh dewan penasihat yang dipilih oleh komite eksekutif dan hanya 30 abstrak terpilih untuk semua sesi akan diterima dalam konferensi ini. Batas waktu pengumpulan adalah 30 Juni.

Ahmad Nursalim

Koordinator PPI Istanbul, Istanbul

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement