Selasa 25 Jun 2013 15:59 WIB

Kiat Bersahabat dengan Sinar Matahari

Sinar matahari
Sinar matahari

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin bersahabat dengan matahari, ada kiat jitunya, lagi. Mau tahu? Simak nih tips dari dokter dokter spesialis kulit dr Dewi Inong SpKK:

* Waspada pukul 09.00-16.00

Pada masa seperti ini, bu dokter tidak menyarankan berjemur di bawah sinar matahari. Soalnya, di jam seperti ini sinar ultraviolet C yang berbahaya untuk tubuh bakal muncul. ''Jika ingin menjemur untuk mendapatkan sinar ultraviolet yang aman sebaiknya dilakukan sebelum jam 09.00 pagi dan setelah pukul 16.00 sore,'' katanya.

* Tujuh menit.

Kalau harus berjemur di siang hari, disarankan agar tidak lebih dari tujuh menit. Kalau tidak, beberapa jenis penyakit, semisal tumor dan kanker kulit, penuaan dini bisa hinggap pada seseorang.

* Pakai sun block

Biar aman, kalau akan pergi ke luar rumah pada siang hari, alumnus Fakultas Kedokteran UI tahun 1987 ini menyarankan agar memakai sun block pada organ yang masih terbuka seperti pada lengan, tangan, dan wajah. Semua ini untuk melindungi tubuh dari terpaan radiasi sinar matahari.

* Pakai baju lengan panjang.

Untuk kamu yang sudah mengenakan busana Muslimah, pakaian seperti ini pastinya sudah setiap hari kamu pakai. Ternyata, baju seperti ini berguna banget untuk mencegah terkena radiasi ultraviolet ini. ''Pemakaian busana muslimah terbukti lebih baik melindungi tubuh dari terpaan sinar matahari,'' kata dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement