Sabtu 22 Jun 2013 23:41 WIB

Kalah dari Singapura, Indonesia Gagal ke Kejuaraan FIBA Asia

 Pebasket Indonesia Xaverius Prawiro (kiri) saat melawan Thailand pada pertandingan SEABA Championship for Men, di GOR Samudra, Medan, Sumut, Jumat (21/6).
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Pebasket Indonesia Xaverius Prawiro (kiri) saat melawan Thailand pada pertandingan SEABA Championship for Men, di GOR Samudra, Medan, Sumut, Jumat (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Tim basket Indonesia tersingkir dari SEABA X/2013. Indonesia menyerah dari Singapura dengan skor akhir 64-74 dalam pertandingan yang dimainkan di Gor Samudera Medan, Sabtu malam.

Hasil ini tidak hanya membuat Indonesia tersingkir, tapi juga kehilangan tiket ke kejuaraan FIBA Asia. Hasil ini membuat dua tiket final SEABA X/2013, yang akan dimainkan Minggu (23/6), menjadi milik Thailand dan Malaysia.

Thailand meraih tiket final dengan kemenangan atas Malaysia di penyisihan terakhir 63-47, sementara Malaysia meski kalah dari Thailand tetap melaju ke final karena sebelumnya telah meraih dua kemenangan.

Di laga penentu ini, Indonesia kembali dipusingkan dengan bertambahnya daftar cedera, setelah Kelly, menyusul Wahyu Widayat Jati yang menderita cedera di jarinya saat bentrok dengan Thailand.

Apalagi Singapura berlaga tanpa beban setelah pasti tersisih.

Jalannya pertandingan

Lim sheng Yu dan Wu Qing De kerap menjadi momok. Tembakan tiga angka Bima dan Andik sempat membuat tuan rumah unggul tapi Ng Han Bin lewat three pointnya membuat Singapura kembali memimpin 24-21 di kuarter pertama.

Di kuarter kedua, performa tim besutan Rastafari Horongbala bukannya membaik, bahkan pertahanan Indonesia sangat mudah ditembus dan para shooter Singapura seperti Liew dan Lim Sheng kali ini juga tampil apik meski kepala berbalut perban.

Perlahan Singapura mulai menjauhkan marginnya. Goh membuat Merah Putih tertinggal 12 poin Ditambah aksi apik Wong, selisih angka melebar hingga 17 angka.

Memasuki kuarter ketiga tuan rumah mencoba memperbaiki pertahanan, dan secara perlahan dapat memperkecil ketertinggalan poin.

Dikuarter ketiga ini Rizky, Xaverius dapat memperkecil selisih poin menjadi 54-59.

Di kuarter penentu, Indonesia terus mencoba mengejar ketertinggalan poin, melalui tembakan-tembakan tiga angka, namun pemain-pemain Singapura juga tidak mau kalah dengan menerapkan pertahanan ketat.

Alhasil di kuater keempat ini, Singapura berhasil menyudahi permainan dengan skor 74-64.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement