Senin 24 Jun 2013 16:59 WIB

Waspadai Flu Singapura pada Anak

Rep: edy setiyoko/ Red: Endah Hapsari
Anak Sakit/Ilustrasi
Foto: Corbis.com
Anak Sakit/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk para orangtua yang mempunyai anak di bawah usia 10 tahun, hati-hati. Penyakit flu singapura bisa menyerang buah hati Anda. Bidan Puskesmas Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Sumarni, mengatakan, pasien dengan gejala mirip penyakit 'flu singapura' sempat berobat. Penyakit ini, kata dia, disebabkan  virus RNA (Ribo Nucleic Acid) dan kebanyakan menyerang anak di bawah usia sepuluh tahun. Dalam dunia kedokteran, 'flu singapura' ini juga dikenal sebagai Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD).

Dokter Puskesmas Grogol, Hartanto, juga mengatakan hal senada. Ia sempat memeriksa pasien dengan gejala mirip 'flu singapura'. Ia tak merinci jumlah pasien yang ditangani. Yang jelas, penyakit ini biasa menyerang anak. Ini karena anak memiliki imunitas tubuh lemah. Gejala 'flu singapura' biasanya ditandai dengan demam panas tinggi dan muncul bintik-bintik merah pada tangan, kaki dan mulut.

Hartanto mengaku, penyakit ini tidak terlalu berbahaya. Dan, kondisi kesehatan pasien dapat segera pulih seiring dengan ketahanan tubuh yang membaik. ''Jadi, jika ada infeksi kuman, kami beri antibiotik. Dan, penyakit ini bisa sembuh sendiri asal kebersihan tubuh dijaga,'' tambah Hartanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement