Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Cara Pas Simpan Minyak Goreng

Kamis 20 Jun 2013 13:09 WIB

Red: Endah Hapsari

Minyak goreng/ilustrasi

Minyak goreng/ilustrasi

Foto: salon.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sepraktis-praktisnya membeli minyak goreng , tentu minyak goreng kemasan yang ringkas. Tapi hati-hati, bila tak cermat menyimpannya, minyak goreng dalam kemasan yang bisanya menggunakan bahan plastik (jerigen, botol atau sachet) bisa jadi turun kualitas bila tak pandai menyimpannya. 

Tentu saja, produsen minyak kemasan sudah memperhitungkan bahwa produk mereka bisa disimpan dalam waktu lama. Meski begitu, juga tak ada salahnya bila kita pun cermat menyimpan minyak agar bisa tahan lebih lama. 

Salah satu cara yang mungkin bisa dicoba adalah menggunakan botol kaca. Sebab botol plastik, menurut hasil penelitian yang dilakukan Liliek Suparmi dari Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Kimia Deperindag, minyak dalam kemasan botol plastik, bisa berubah kualitasnya. 

Liliek yang melakukan penelitian terhadap minyak goreng kemasan itu mendapati bahwa minyak dalam kemasan botol plastik, setelah disimpan selama delapan bulan, kualitas minyaknya ternyata menurun, bilangan peroxidenya naik dan menyebabkan bau tengik pada minyak. Selian itu, faktor penentua kualitas minyak juga berubah selama penyimpanan, mesikipun poerubahan itu relatif kecil, seperti warna dan asam lemak bebas. 

 

Agar minyak tak cepat kotor 

Minyak untuk menggoreng jangan dijadikan satu dengan minyak untuk memasak sayur, minyak goreng harus ditempatkan di dalam kaleng dan ditutup rapat. Supaya minyak tidak cepat kotor sehabis dipakai segera saring dengan kawat yang halus. 

 

Agar minyak kelapa tak cepat bau 

Beri sedikit garam (untuk 1 liter minyak kira-kira 2 sendok teh) lalu masak sampai mendidih, setelah dingin baru simpan di dalam botol. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA