Selasa 18 Jun 2013 13:17 WIB

Anda Seorang Karyawan? Simak Ini Dulu

Rep: Siwi Tri Puji/ Red: Endah Hapsari
Memulai bisnis sendiri untuk persiapan pensiun dini/ilustrasi
Foto: ehow.com
Memulai bisnis sendiri untuk persiapan pensiun dini/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut Godo Tjahjono, seorang perencana keuangan, ada catatan penting bagi seorang karyawan untuk meraih sukses finansial di masa depan. Berbeda dengan kuadran B (business owner) atau I (investor) yang bisa memperoleh penghasilan secara pasif, seorang karyawan mendapat penghasilan dari gaji. Penghasilannya itu akan dihentikan apabila karyawan itu berhenti bekerja.

Meraih sukses finansial di masa mendatang bagi seorang karyawan adalah kemampuan meraih prestasi secara konsisten untuk meraih standar hidup yang diinginkan. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan menghadapi situasi pada saat gajinya terhenti, baik direncanakan sendiri atau tidak. 

Yang harus diingat, lanjut Godo, bagi Anda seorang karyawan, tidak ada jaminan bahwa perusahaan akan membutuhkan Anda selamanya. Pemutusan hubungan kerja (PHK) harap dicatat tidak selalu berawal dari kesalahan yang dilakukan karyawan.

Bisa saja karena kebijakan restrukturisasi perusahaan, atau perusahaan melakukan definisi bisnis. Dari segi finansial, sudah selayaknya seorang karyawan memiliki tabungan sebesar tiga sampai enam kali pengeluaran rutinnya sebulan untuk mengantisipasi risiko terputusnya sumber pendapatan. 

Merencanakan pensiun sedini mungkin adalah langkah yang cerdas. Selain itu, membangun hubungan baik dengan setiap orang akan menjadi modal berharga selain aset finansial yang diinvestasikan selama masa kerja. Apabila Anda berencana untuk berpindah kuadran menjadi seorang pemilik bisnis, rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya, misalnya 10 tahun sebelum pensiun. Jangan tiba-tiba menjadi terkaget-kaget ketika menyadari masa pensiun tinggal satu atau dua tahun lagi. Rencanakan sekarang, atau akan terbengong-bengong saat gaji melayang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement