Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Kendari Kembangkan Kampung Mandiri Energi

Kamis 13 Jun 2013 23:27 WIB

Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan mengembangkan Kampung Mandiri Energi dengan memanfaatkan potensi energi yang ada di daerah ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

Wali Kota Kendari, Asrun, Kamis, mengatakan, nantinya energi kampung kampung mandiri energi ini bersumber dari gas metan yang dihasilkan dari pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Puuwatu Kendari.

"Lokasi yang layak untuk menjadi kampung mandiri energi ini kita sudah tentukan di sekitar TPA Sampah Puuwatu," kata Asrun.

Ia menjelaskan, kampung mandiri energi ini merupakan wujud dari program energi baru terbarukan dengan berbagai bentuk kegiatan yang akan melingkupinya.

Ia menjelaskan, gas metan yang dihasilkan dari pengelolaan TPA Sampah Puuwatu sudah dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk penerangan listrik dan kebutuhan memasak.

"Bukan hanya untuk kebutuhan penerangan dan memasak bagi warga sekitar, tapi kita juga akan kembangkan gas metan tersebut untuk bahan bakar kendaraan," katanya.

Menurut dia, gas metan yang dihasilkan dari TPA Sampah Puuwatu tersebut ke depan tidak hanya akan melayani warga sekitar TPA, tetapi juga akan menjangkau beberapa wilayah kelurahan sekitarnya.

"Kami sudah menyusun rencana strategis dan rencana aksi ke depan untuk menjadikan TPA Sampah Puuwatu sebagai kampung mandiri energi, yakni menggunakan energi tidak tergantung lagi dari PLN," katanya.

Asrun berharap program ini bisa mengatasi krisis energi dan mengentaskan kemiskinan, selain itu bisa sebagai tempat pembelajaran soal energi alternatif.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA