Kamis 13 Jun 2013 14:38 WIB

Begini Cara Pelihara Kucing yang Benar

Anak bersama kucing peliharaanya.
Foto: ohbaby.co.nz
Anak bersama kucing peliharaanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan sembarangan memelihara si meong di rumah. Berikut tips dari drh Dharmojono:

- Cuci tangan bersih-bersih sebelum makan apa pun, terutama habis selesai bekerja kebun (menghindari oocyste). 

- Cuci bersih bahan makanan seperti: ikan, daging, sayuran dll dan masaklah. Demikian pula susu dan air minum (menghindari oocyste dan atau pseudocyste). 

- Kaum Ibu yang sedang hamil sementara waktu tidak bergaul dengan kucing dan bebaskan dari pekerjaan memberesi/membersihkan box-pasir, tempat kucing buang air besar/kecil (menghindari oocyste). 

- Jangan memberikan makanan (ikan, daging, susu, dll) mentah atau tidak dimasak kepada hewan piaraan kita (menghindari oocyste/pseudocyste). 

- Beri hewan piaraan kita (terutama kucing) makanan cukup dan teratur agar hewan itu tenang di rumah tidak keluyuran dan tidak berburu tikus, serangga, dan mangsa lainnya (menghindari pseudocyste). 

- Sediakan box-pasir tempat kucing kita buang air besar/kecil dan bersihkan sebelum 48 jam (menghindari oocysta bersporulasi). 

- Jangan membuang tinja kucing di sembarang tempat atau untuk pupuk tanaman. 

- Periksakan sekali-kali kucing anda kepada dokter hewan dan mintakan vaksinasi terhadap distemper-kucing (Panleucopenia) dan rabies karena gejala klinis kedua macam penyakit itu sangat mirip, sehingga membantu dalam menegakkan diagnosis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement