Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Ada Perubahan Ini pada Payudara Anda, Segeralah Cek

Rabu 12 Jun 2013 10:11 WIB

Red: Endah Hapsari

Simbol kanker payudara

Simbol kanker payudara

Foto: akiavintage.com

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG---Gejala tumor payudara bagi kaum perempuan, dianjurkan melakukan pemeriksaan secara dini, karena tingkat penyembuhannya lebih tinggi dibandingkan bila sudah stadium tinggi, kata Mulawarman Umar SpB (K) Duk.

Menurut Mulawarman, dokter spesialis bedah tumor di salah satu rumah sakit swasta Sumatera Selatan ini pada acara Media Gathering di Palembang, Selasa bahwa seseorang yang diketahui gejala menderita tumor payudara sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih awal untuk mengetahui tumor di dalam tubuh.

Tindakan tersebut diperlukan, karena apabila seseorang sudah terkena tumor payudara stadium tinggi, proses penyembuhannya sudah sulit dan membutuhkan waktu lama serta biaya tinggi, katanya.

Sementara bila dilakukan pemeriksaan lebih awal, tingkat penyembuhannya lebih tinggi dan tidak harus mengeluarkan biaya tinggi. "Sekarang ini di Sumatera Selatan sudah ada empat dokter spesialis bedah yang ada kaitannya dengan bedah tumor atau bedah Ongkologi yang terpusat di Rumah Sakit Umum dr Mohammad Husin Palembang.

Di samping itu salah satu rumah sakit swasta Siloam Sriwijaya sudah bisa melayani pemeriksaan awal pasien penderita kanker dan tumor payudara serta kanker usus besar. Dr Milawarman menjelaskan bahwa gejala kanker payudara biasanya terjadi perubahan pada puting, dan terdapat benjolan pada satu payudara.

Apabila hal tersebut dirasakan, segeralah melakukan pemeriksaan awal, karena berdasarkan angaka Organisasi kesehatan dunia (WHO) tahun 2011 di Indonesia terdapat 25 ribu wanita penderita tumor payudara per tahun.

Menurut dia, jumlah kasus tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat dalam kurun waktu tiga tahun dan yang terbanyak penderita stadium biasa di bawah usia 40 tahun.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA