Rabu 12 Jun 2013 03:08 WIB

Alami Gejala Ini? Waspadai Kemungkinan Kanker

Riset kanker di sebuah laboratorium (ilustrasi)
Foto: elearningmag.com
Riset kanker di sebuah laboratorium (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dr Jeffri, spesialis bedah kanker usus besar, mengakui yang banyak menemui penderita disebabkan faktor klinik sel normal dan membesar menjadi sel ganas. Menurut dia, penderita apabila tidak ditangani secara dini, maka dampaknya dari sel normal berkembang menjadi sel ganas, sehingga memerlukan operasi.

"Jika penanganan operasi, pasien tidak perlu khawatir karena sekarang ini para dokter spesialis yang ada sudah menggunakan peralatan canggih, sehingga bekas goresan akan diupayakan serapi mungkin," katanya.

Tetapi, kata dia, banyak juga pasien penderita kanker usus besar termasuk tumor payudara yang tidak menghendaki dioperasi, dan bisa melalui kemoterapi dengan cara pemberian obat.

Sementara, faktor penyebabnya antara lain lingkungan banyak makan lemak dan kalori tinggi, kurang kalsium, sayuran, sering minum alkohol termasuk perokok berat.

Biasanya gejala sering buang air besar disertai berdarah, dan terjadi penurunan berat badan. Biasanya penderita kanker usus besar yang sudah menyebar menjadi sel besar tingkat kematian sangat tinggi.

Salah satu upaya pencegahan apabila ada gejala tersebut, segeralah melakukan pemeriksaan awal sehingga tingkat kesembuhan cukup tinggi mencapai 70-95 persen, sedangkan kanker sudah menyebar stadium IV, penanganan tingkat kesembuhan hanya 0-19 persen, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement