Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Gempa Painan Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa 11 Jun 2013 11:41 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Gempa - ilustrasi

Gempa - ilustrasi

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter yang mengguncang Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tidak menimbulkan gelombang tsunami.

"Gempa yang terjadi di Kota Painan, Selasa sekitar pukul 09.30 WIB tidak menimbulkan tsunami," kata Tri Ubaya Staf Observasi BMKG Padangpanjang ketika dikonfirmasikan dari Padang, Selasa (11/6).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), disebutkan bahwa gampa kekuatan 5,3 SR dengan kedalaman 10 kilometer berlokasi di 1.73 Lintang Selatan--100.24 Bujur Timur. Pusat gempa berada di 62 mm barat daya Kota Painan.

BMKG Padangpanjang, kata dia, terus melakukan pemantuan terkait dengan gempa berkekuatan 5,3 SR yang mengguncang Kota Painan.

"Ada kemungkinan terjadi gempa susulan. Namun, berdasarkan pantuan BMKG dari satelit tidak terjadi gempa susulan akibat gempa di Kota Painan tersebut," katanya menegaskan.

Tri Ubaya berharap agar masyarakat tetap waspada sebab potensi gempa besar itu masih ada. Kawasan "megathrust" tersebut, saat ini, masih diteliti oleh para ahli.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA