Selasa 11 Jun 2013 01:31 WIB
Piala Eropa U-21

Lagi-Lagi Alvaro Morata

Alvaro Morata
Foto: brainyfootball.blogspot.com
Alvaro Morata

REPUBLIKA.CO.ID, NETANYA -- Alvaro Morata membuktikan janjinya untuk terus memberikan kontribusi positif untuk tim nasional (timnas) Spanyol dalam ajang Piala Eropa U-21 2013 di Israel. Pemain Real Madrid itu pun kembali menjadi pahlawan kemenangan dan membawa La Furia Roja melaju ke semifinal.

Morata mengulang suksesnya seperti pada laga perdana saat menjadi penentu kemenangan Spanyol 1-0 atas Rusia. Taji Morata berlanjut saat Spanyol melakoni pertandingan melawan Jerman di Stadion Netanya Municipal, Senin (10/6) dini hari WIB.

Turun pada menit ke-73 menggantikan Rodrigo Palacio, Morata berhasil memecah kebuntuan Spanyol. Striker berusia 20 tahun itu mencetak gol tunggal kemenangan pada empat menit menjelang berakhirnya waktu normal.

Bila pada laga perdana melawan Rusia ia mencetak gol melalui sundulan, kali ini Morata mempersembahkan kemenangan dengan aksi individual. Berawal dari aksi solo run di sisi kanan pertahanan Jerman, Morata berhasil melewati adangan Antonio Ruidiger dan melesakkan bola ke jala gawang dengan tembakan ke tiang dekat.

Gol tunggal Morata itu memastikan Spanyol melaju ke semifinal setelah mengoleksi enam poin dan menempati peringkat dua klasemen Grup B. Spanyol ditemani Belanda yang untuk sementara menjadi pemuncak klasemen berkat kemenangan telak 5-1 atas Rusia. Belanda unggul dalam produktivitas gol ketimbang Spanyol.

Sementara, Jerman dan Rusia dipastikan tersingkir dari turnamen setelah menalan dua kekalahan beruntun. Meskipun akan memetik kemenangan pada laga terakhir di fase grup, kedua tim tak akan mampu mengejar perolehan poin Spanyol dan Belanda.

Sebelum menjalani pertandingan melawan Jerman, Morata memang optimistis bisa mencetak gol dan membawa timnya meraih kemenangan. “Dan, itu terjadi lagi. Saya sangat senang Spanyol memenangkan pertandingan,” kata Morata dilansir laman resmi UEFA, Senin (10/6).

Pelatih timnas Jerman U-21 Rainer Adrion memberikan selamat kepada Spanyol yang sukses melaju ke semifinal. Menurutnya, skuat besutan Julen Lopetegui memang pantas menjadi pemenang. Adrion pun memuji permainan Spanyol yang sangat hebat dalam hal penguasaan bola. Kondisi itu berakibat pada stamina anak asuhnya yang menurun drastis di babak kedua karena selalu dipaksa merebut bola. Berdasarkan statistik pertandingan, Spanyol berhasil melakukan penguasaan bola sebesar 65 persen. n satria k yudha ed: andri saubani

Fakta Angka Spanyol

2 - Alvaro Morata mencetak dua gol hanya dari dua tembakan mengarah ke gawang dalam turnamen Piala Eropa U-21 2013.

8 - Isco menciptakan lebih banyak peluang ketimbang pemain lain di Piala Eropa 2013 (enam peluang diciptakan Immobile dan Thiago).

16 - Cristian Tello menjadi pemain paling banyak menyentuh bola di daerah lawan di Piala Eropa 2013.

+200 - Asier Illarramendi adalah pemain kedua terbanyak mengoleksi operan (208 operan) di Piala Eropa 2013 di bawah Marco Verrati (260).

Sumber: Opta Sports

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement