Rabu 05 Jun 2013 19:28 WIB

Daerah/ Pendaftar SBMPTN DIY Capai 25.621 Orang

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
SBMPTN 2013
SBMPTN 2013

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Animo calon mahasiswa mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di DIY melalui jalur Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) cukup tinggi.

Berdasarkan data panitia lokal SBMPTN Yogyakarta, hingga Rabu (5/6) jumlah pendaftar SBMPTN di tiga PTN di Yogyakarta mencapai 25.621 calon mahasiswa.

Jumlah tersebut terdiri atas Sosial-Humaniora sebanyak 11.860, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 10.596, serta campuran sebanyak 3.165 calon mahasiswa.

"Itu pendaftar di tiga PTN di DIY baik UGM, UNY maupun UIN Sunan Kalijaga," ujar panitia lokal SBMPTN yang juga Kabid Humas UNY, Anwar Effendi, Rabu (5/6).

Menurut dia, jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Sebab, pendaftaran SBMPTN akan ditutup pada 7 Juni mendatang. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah pendaftar tahun lebih sedikit.

Pada tahun lalu, kata Anwar, pendaftar Sosial-Humaniora sekitar 12 ribu, Sains dan Teknologi sekitar 10 ribu, dan campuran sekitar 6 ribu. "Hingga sekarang belum ada informasi perpanjangan masa pendaftaran dan kemungkinan tidak ada masa perpanjangan," katanya menjelaskan.

Ia mengakui, UNY tahun ini memberikan kuota 30 persen dari kursi mahasiswa baru melalui jalur ini. Namun kata dia,  jumlah itu bisa bertambah mengingat kuota melalui jalur SNMPTN diperkirakan tidak terisi 100 persen.

"Biasanya ada sekitar 7 persen mahasiswa baru yang tidak daftar ulang di jalur undangan (SNMPTN)," katanya. Sisa kuota tersebut kata dia, bisa digabungkan ke SBMPTN atau Ujian Mandiri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement