Selasa 04 Jun 2013 18:04 WIB

Unej Beri Keringanan SPP Kepada Mahasiswa Miskin

Sudut kampus Universitas Jember, Jawa Timur.
Foto: wordpress.com
Sudut kampus Universitas Jember, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,JEMBER--Universitas Jember, Jawa Timur, memberikan keringanan biaya bagi mahasiswa miskin atau kurang mampu yang diterima kampus setempat melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pembantu Rektor I Universitas Jember (Unej) Drs Zulfikar PhD, Selasa, mengatakan orang tua calon mahasiswa baru patut berbahagia karena kebijakan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) mulai tahun ini memberikan jaminan bagi calon mahasiswa dari kalangan kurang mampu untuk tetap bisa kuliah.

"Mulai tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikti memberlakukan Uang Kuliah Tunggal dan implementasinya berdasarkan pada penghasilan orang tua setelah melalui proses verifikasi penghasilan orang tua yang dilakukan panitia kampus setempat," tuturnya.

Unej melaksanakan proses verifikasi penghasilan orang tua calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN di Gedung Soetardjo kampus setempat, mulai Senin (3/6) hingga Jumat (7/6).

Dalam proses verifikasi tersebut, para orang tua diminta hadir dengan membawa slip gaji atau keterangan penghasilan dari lurah atau kepala desa, dengan dilengkapi fotokopi pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan rekening listrik.

"Ada enam kelompok pembayaran Uang Kuliah Tunggal di Unej yang didasarkan pada besaran penghasilan orang tua, namun kami ingatkan agar para orang tua calon mahasiswa baru harus jujur dalam memberikan data penghasilan," paparnya.

Selain kebijakan Uang Kuliah Tunggal, lanjut dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga masih memberikan beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa dari keluarga miskin.

Sementara salah seorang mahasiswi yang diterima di Unej jalur SNMPTN, Nur Vera Sholeha dan ibunya Nasihati mengaku gembira dengan kebijakan tersebut yang memberikan keringanan biaya kepada orang tua mahasiswa dari keluarga miskin.

"Saya sempat khawatir memikirkan bagaimana caranya akan membiayai kuliah anak saya masuk Unej karena pekerjaan sehari-hari hanya sebagai penjaga toko. Alhamdulillah ternyata saya hanya membayar Rp500 ribu per semester," kata Nasihati.

Calon mahasiswa baru asal Situbondo tersebut diterima di Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Kampus Tegalboto Unej.

"Alhamdulillah saya bisa masuk Unej karena cita-cita saya ingin melanjutkan kuliah di PTN yang ada di Jember menjadi kenyataan," ujar Nur.

Data panitia Unej tercatat hingga Selasa, sebanyak 1.175 orang tua calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN telah melaksanakan proses verifikasi penghasilan orang tua, sedangkan jumlah mahasiswa yang diterima Unej jalur SNMPTN 2013 sebanyak 2.455 orang dan 578 orang (23,5 persen) di antaranya adalah penerima beasiswa Bidik Misi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement