Senin 03 Jun 2013 13:37 WIB

Dapur Bersih dan Dapur Kotor, Butuh atau Gengsi?

Dapur bersih
Foto: sheknows.com
Dapur bersih

REPUBLIKA.CO.ID, Dapur tak jarang diidentikkan dengan tempat kotor, lantai berminyak, serta meja kerja kusam. Dengan imej seperti ini lantas membuat orang enggan menginjakkan kakinya ke dapur. Terciptalah tren kafe dan restoran. ''Sekarang kita merasa lebih trendi kalau makan-makan di restoran atau kafe,'' ujar konsultan desain, Imelda Akmal. Selain kafe, kecenderungan yang kerap muncul adalah keberadaan pantry atau dapur bersih di dalam rumah.

Saat ini, di rumah-rumah keluarga menengah di kota besar sudah semakin sulit dijumpai dapur yang hitam penuh jelaga dan lantai yang lengket. Yang tampak adalah pantry yang dilengkapi dengan perkakas dapur modern dan ditata cantik. Bila dapur basah digunakan untuk memasak, maka pantry justru lebih banyak digunakan untuk menghangatkan makanan sebelum disajikan. Atau digunakan untuk memasak sesuatu yang praktis, yang kalaupun menggunakan bumbu-bumbu, semuanya sudah setengah jadi.

Pantry juga kerap dilengkapi perkakas modern, seperti kompor gas atau listrik, cookerhood (penghisap asap), pencuci piring (dishwasher), kulkas, oven, microwave, dan sink (bak cuci piring) dengan berbagai model kran, laci, drawers, dan automatic stopper.

Sekadar meniru Barat ''Lahirnya dapur bersih (pantry) itu sebenarnya usaha masyarakat Indonesia untuk menyerap budaya Barat,'' papar Imelda. Namun sebenarnya, kaidah yang berlaku di Barat adalah karena si empunya rumah suka memasak, maka ia mengundang sejumlah teman untuk menikmati santapan di dapur. Tak heran jika ruang makan terletak berdekatan dengan dapur bersih. ''Agar si empunya rumah bisa memasak sambil mengobrol dengan tamunya dalam suasana akrab,'' imbuh Imelda.

Pakar kuliner, William Wongso, menilai banyak rumah mewah yang tidak memperhatikan ukuran dapurnya. ''Meskipun banyak orang mengatakan menyukai dapurnya, tetapi ukuran dapur bersih dan dapur kotor yang relatif kecil dibandingkan dengan ruang lainnya, memperlihatkan bahwa orang tersebut tidak memberikan prioritas pada dapur,'' katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement