Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Buleleng Andalkan Wisatawan Lokal

Senin 03 Jun 2013 10:06 WIB

Rep: Ahmad Baraas/ Red: A.Syalaby Ichsan

Museum, Buleleng, Bali

Museum, Buleleng, Bali

REPUBLIKA.CO.ID, BULELENG -- Wisatawan nusantara menjadi primadona pasar pariwisata Bali, termasuk Kabupaten Buleleng.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata  Kabupaten Buleleng Ketut Warkadea menjelaskan, dari wisatawan yang berkunjung ke Buleleng, wisatawan lokal memang mendominasi dengan perbandingan 3:1.

"Jadi wisatawan lokal dari berbagai daerah yang mengunjungi Buleleng, jumlahnya tiga kali lipat wisatawan dibandingkan wisatawan asing," kata Warkadea, di Singaraja, Buleleng, Bali, Senin (3/6).

Sehubungan rencana kegiatan Festival Lovina yang akan digelar Juli mendatang, Warkadea mengungkapkan, festival tersebut bertujuan mempromosikan kepariwisataan Buleleng. Rencana, festival  akan menampilkan atraksi seni budaya, berupa pameran dan pagelaran.

Buleleng merupakan kabupaten di bagian utara Pulau Bali. Buleleng memiliki objek wisata Pantai Lovina, Pulau Menjangan, pemandian kolam air panas, objek wisata sejarah makam Jaya Prana, serta ekoturisme di kawasan pegunungan.

Pada 2012, kata Markandea, Buleleng dikunjungi 8.000 wisatawan dan tahun ini ditargetkan mencapai 12.000 wisatawan. Mengenai fasilitas pariwisata, terdapat 4.000 kamar hotel, serta sekitar 20 persennya adalah fasilitas hotel berbintang empat, dengan tingkat hunian 40 persen.

Tentang kunjungan wisatawa asing, disebutkannya, terbanyak adalah wisatawan Eropa. Lama tinggal mereka selama 3-4 hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA