Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Inter Milan

Moratti Pertimbangkan Tawaran Erick Thohir

Jumat 31 Mei 2013 08:54 WIB

Red: Zaky Al Hamzah

Pemilik DC United (ki-ka), Erick Thohir, Jason Levein dan Will Chang

Pemilik DC United (ki-ka), Erick Thohir, Jason Levein dan Will Chang

Foto: Washington post

REPUBLIKA.CO.ID,  MILAN -- Pengusaha Muslim Indonesia Erick Thohir telah mengajukan penawaran senilai 260 juta euro (sekitar Rp 3,3 triliun) untuk mengakuisisi 80 persen Inter Milan. Presiden Inter Massimo Moratti punya waktu 48 jam sejak Kamis (30/5) atau hingga 24 jam mendatang untuk mempertimbangkan tawaran itu.Erick mengajukan penawaran itu kepada Moratti pada Rabu (29/5) dan klub punya waktu hingga 48 jam mendatang untuk membuat keputusan, tulis Football Italia mengutip Wartawan Ore 24 Marco Bellinazzo, Kamis (30/5).

Masih belum jelas apakah Moratti akan melepas sebagian besar saham klub yang diwarisi dari ayahnya, Angelo. Apalagi, pria berusia 68 tahun itu sangat mencintai Inter.  Sejak dipegang keluarga Moratti pada 1995, Inter tidak pernah mengalami krisis keuangan. Namun, Nerazzurri melempem dalam perburuan pemain sejak jendela transfer musim panas 2010. Kondisi inipun diamini pengamat sepak bola Tommy Welly. "Mari kita tandai, berapa banyak pemain bintang yang didatangkan Moratti sejak saat itu,” kata Tommy kepada Republika, Kamis (30/5).

Pria yang akrab disapa Towel ini menilai amunisi Inter berada dalam kondisi darurat saat kasus tukar guling Giampaolo Pazzini-Antonio Cassano dengan AC Milan, serta penjualan gelandang muda berbakatnya ke Liverpool, Philpe Coutinho. Inter juga hanya mampu mendatangkan striker gaek Lazio, Tommaso Rocchi. Padahal, dia hanya pemain kelas dua Seri A,” kata Towel.

Football Italia pun menyatakan, La Beneamata memang sedang mencari suntikan dana untuk membentuk skuat yang kompetitif musim depan. Harian Italia Sporteva melaporkan, Erick bakal menyiapkan dana segar 100 juta euro (Rp 1,2 triliun) untuk membantu Inter mendatangkan bintang-bintang baru di Giuseppe Meazza. Nama-nama yang bakal diboyong Erick ke Giuseppe Meazza pun bermunculan seiring kabar pengajuan penawaran ke Inter ini.

Corriere dello Sport menuliskan, Erick bakal memboyong Ezequiel Lavezzi dari Paris Saint Germain. Bek Chelsea Branislav Ivanovic juga termasuk dalam daftar. Tuttosport bahkan menyatakan Erick sudah melakukan manuver dengan mengontak pelatih asal Jerman Jupp Heyncknes.

Pelatih yang mengantar Bayern Muenchen merengkuh Liga Champions dan Bundesliga musim ini akan digantikan Pep Guardiola musim depan. “Erick juga sedang menyiapkan Aleksandar Dragovic (FC Basel), Radja Nainggolan (Bologna), dan Valon Behrami (Napoli), tulis Tuttosport.

Reporter Italia Fab Romano menyatakan, Erick ingin mengirim pemain Inter ke DC United setelah kesepakatan terjadi. Ini akan membantu para pemain Inter masuk skuat utama, sekaligus membantu DC mendapatkan pemain berkualitas. Cara ini seperti yang dilakukan New York Yankees FC dan Manchester City.Erick bukanlah pemain baru di olahraga.

Pemilik Harian Republika itu memiliki saham di klub NBA Philadelphia 76ers dan klub yang berlaga di Liga Sepak Bola Amerika Serikat (MLS) DC United. Dia juga merupakan Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA).

Di Indonesia, Erick memiliki saham di Persib Bandung. Dia juga pemilik klub basket Satria Muda Britama dan Indonesia Warriors. Towel berharap jika rencana Erick membeli Inter terwujud akan mendatangkan dampak positif bagi persepakbolaan Indonesia.Setahun setelah membeli saham DC United, Erick mengupayakan pesepak bola muda Indonesia Syamsir Alam menimba ilmu di klub AS itu dengan status pinjaman. "Semoga rencana Erick mampu membuka akses pemain Indonesia untuk bermain di sana," kata Towel. n erik purnama putra/angga indrawan ed: ratna puspita

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA