Rabu 29 May 2013 15:29 WIB

Telkom Gratiskan Wifi untuk Sekolah di Maluku Utara

Direktur Utama PT Telkom Arief Yahya
Foto: Antara
Direktur Utama PT Telkom Arief Yahya

REPUBLIKA.CO.ID,TERNATE--PT Telkom Indonesia akan menggratiskan penggunaan wifi di seluruh sekolah di Maluku Utara (Malut), sebagai salah satu program internet gratis bagi siswa untuk mengetahui berbagai informasi terkini.

"Kami akan gratiskan sekolah di Malut untuk menggunakan wifi melalui program IndiSchool, program ini berupa penyediaan wifi gratis di sekolah yang ada di kabupaten/kota di Malut," kata Direktur PT Telkom Indonesia, Arif Yahya di Ternate, Rabu.

Menurut dia, program ini sudah berjalan di wilayah lainnya di Indonesia dan Malut juga masuk dalam program Indischool atau 100.000 sekolah yang mendapatkan akses wifi gratis.

"Saya telah instruksikan kepada PT Telkom Ternate untuk menginventarisasi sekolah yang akan mendapatkan program ini dan tidak hanya untuk sekolah tertentu bisa saja SD, SMP ataupun SMU," katanya.

Ia mengatakan, titik akses wifi termasuk layanan internet gratis untuk 100.000 sekolah ini akan dipasang sebanyak 1 juta titik, karena saat ini yang baru dibuat 10 ribu titik di 61 wilayah di Indonesia.

"Diharapkan pada bulan Agustus 2014 program ini sudah bisa berjalan di Malut," katanya.

Dia mengatakan, pertumbuhan pengguna IndiSchool yang sudah berjalan saat ini meningkat tajam, secara nasional naik hingga 89 persen pada Mei 2013.

Arif Yahya mengatakan, untuk mendukung program wifi gratis ini juga ditunjang dengan jaringan kabel bawah laut yang telah dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika di Ternate, bisa terkoneksi ke seluruh kabupaten/kota di Malut.

"Jika jaringan kabel bawah laut tuntas, seluruh wilayah di Malut juga dipastikan bisa terkoneksi, karena Malut merupakan daerah kepulauan sangat membutuhkan jaringan untuk mendukung infrastruktur komunikasi di daerah ini," katanya.

Ia mengatakan, kabel bawah laut ini seperti jalan nasional dengan saluran pita lebar yang ini aksesnya bisa mencapai kecepatan jaringan secara cepat dan 2014 sudah terkoneksi di Malut.

Menurut dia, hal tersebut terus dilakukan sebagai upaya untuk mendorong percepatan pembangunan perekonomian di Indonesia terutama di Kawasan Timur, Telkom sangat komit untuk mendukung infrastuktur Teknologi (Digital) sehingga terwujud Indonesia digital society (IndiSo).

Dia menjelaskan, ground breaking project palapa ring adalah sistem kabel optik bawah laut, yang diperuntukan untuk jaringan telepon, internet dan lainnya yang kabelnya terbentang dari Sulawesi, Maluku, Malut, Papua dan Papua Barat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement