Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Sering Menahan Ejakulasi, Apa Dampaknya?

Jumat 31 May 2013 11:58 WIB

Red: Endah Hapsari

Sering Menahan Ejakulasi, Apa Dampaknya?

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering kali menahan ejakulasi dengan tangan dok. Namun setelah itu terasa sakit saat hendak buang air kecil (BAK), bisa sampai 3 hari kemudian. Kenapa ya dok? Mungkinkan hal itu merusak saluran BAK? Mohon diterangkan dan dijelaskan dok.

Andi (29 tahun)

 

Jawaban:

Salam untuk pak Andi, terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Berkaitan dengan apa yang telah dikemukakan, maka sepertinya sulit mencari korelasi antara nyeri saat Buang Air Kecil (BAK) dengan kebiasaan sering menahan ejakulasi.

Nyeri saat BAK bisa saja tidak berhubungan dengan kebiasaan menahan ejakulasi. Tetapi mungkin saja ada infeksi saluran kemih atau ada batu di kandung kemih. Sebagai pemeriksaan awal dapat dilakukan dengan cek lab urine dan USG Ginjal + Kandung Kemih, untuk memastikan ada tidaknya infeksi atau batu.

Agaknya, berdasarkan pengetahuan saya, kebiasaan menahan ejakulasi tidak menyebabkan rusaknya saluran kemih. Namun demikian, bila terdapat gejala yang menyertai setelah menahan ejakulasi, maka sebaiknya melakukan perubahan dalam pola perilaku, yakni jika memungkinkan alangkah baiknya jika tidak menahan proses ejakulasi.

Bila kemudian kondisi tetap berlanjut, sebaiknya melakukan konsultasi kedaokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Terima kasih. (Nug)

 

dr Nugroho Budi Utomo, SpU

Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA