Rabu 29 May 2013 16:59 WIB

Tips Bersihkan Noda Pakai Cuka

Cuka
Foto: friendseat.com
Cuka

REPUBLIKA.CO.ID, Anda tentu mengenal cuka, bukan? Cuka memang salah satu ''anggota'' dari dapur kita. Namun pemilik rasa asam ini ternyata tak hanya bisa dipakai untuk memasak, namun juga memiliki fungsi lainnya. Situs Household Hints and Tips membeberkan kegunaan cuka.

1. Jangan tunggu hingga saluran air di tempat cuci piring Anda tersumbat. Tuangkan cuka secukupnya. Lalu diamkan sebentar. Lakukan rutin, misalnya sebulan sekali. Cuka cukup ''sakti'' mencegah tumpukan kerak kotoran pada saluran air Anda.

2. Anda memiliki baju baru berwarna cerah? Pisahkan baju Anda dari pakaian lain saat mencucinya pertama kali. Kemudian sebelum dicuci, rendamlah dalam larutan cuka. Konon cara ini mampu mengurangi kelunturan kain.

3. Cuka ternyata berfungsi pula sebagai desinfektan alias si pensuci hama. Campurlah air dan cuka dengan perbandingan yang sama banyaknya. Gunakan larutan ini sebagai bahan pembersih barang-barang di rumah Anda. Namun tentu saja larutan ini jangan digunakan untuk furniture. 

4. Anda mengunakan tirai plastik di kamar mandi? Cuka bisa membuat tirai Anda bersih tahan lama. Caranya, cuci tirai dengan campuran cuka dan detergen. Tambahkan pelembut pakaian. Setelah direndam dan dicuci, bilas. Gantungkan tirai ke tempat semula. Cara ini bisa membuat tirai bersih hingga berbulan-bulan.

Cara lainnya, cuci tirai Anda dengan air, detergen, dan pemutih pakaian. Lalu dibilas hingga bersih. Paca cara ini, cuka digunakan untuk mebersihkan tirai untuk menghilangkan bekas-bekas air. 

5. Cuka ternyata ampuh pula untuk mengilatkan kaca dan cermin. Buat larutan yang terdiri dari cuka dan air dengan perbandingan 1:4. Semprotkan pada kaca atau cermin, lalu lap dengan kain bersih atau kertas koran bekas. Kaca dan cermin Anda bisa ''kinclong''. Cara ini juga bisa diterapkan pada gelas yang sudah buram atau kotor. Rendam gelas-gelas tersebut dalam larutan tersebut (tambahkan cuka), lalu cuci seperti biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement