Senin 27 May 2013 23:43 WIB

Shanghai Niat Sulap 'Minyak Comberan' Jadi BBM

Minyak goreng
Foto: Prayogi/Republika
Minyak goreng

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Kota Shanghai berencana mengubah minyak goreng bekas menjadi biodiesel untuk BBM kendaraan.

Media resmi setempat menyebutkan di Shanghai sedang marak masalah skandal makanan yaitu penggunaan minyak goreng bekas dari restoran. Di Cina, istilah untuk minyak goreng bekas yang digunakan lagi adalah "minyak comberan".

Pemerintah Shanghai berencana bekerja sama dengan universitas setempat dan enam perusahaan untuk memproduksi biodiesel dari minyak goreng bekas untuk digunakan di bus, taksi, truk.

Harian Cina Daily juga menyebut bahwa salah satu universitas paling terkemuka di China, Universitas Tongji, setidaknya dalam tiga tahun terakhir telah melakukan percobaan guna menghasilkan campuran yang pas untuk biodiesel tersebut.

Pada tahun 2011 Cina menangkap 32 orang terkait "minyak comberan". Minyak goreng bekas itu diduga mengandung karsinogen dan berbagai polutan lainnya.

Pihak berwenang Shanghai pada bulan Maret juga melakukan penggerebekan terkait penanganan minyak limbah dan kualifikasi perusahaan yang menangani limbah itu.

Saat kasus "minyak comberan" marak tahun 2010, para ahli memperkirakan konsumsi minyak goreng bekas di China setiap tahun mencapai dua atau tiga juta ton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement