Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Sering Lupa Pertanda Amnesia?

Selasa 28 May 2013 12:13 WIB

Red: Endah Hapsari

Sering Lupa Pertanda Amnesia?

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kalau saya sering mengalami kondisi dimana sering kali lupa menaruh sesuatu benda. Apakah ini sudah menjadi pertanda amnesia? Atau jadi pertanda demensia? Bagaimana saya mengatasi hal ini Dok?

Ridwan (36 tahun)

 

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan Bapak Ridwan. Amnesia berbeda dengan demensia.Amnesia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan daya ingat, biasanya terjadi karena gangguan organik atau fungsional.

Problem gangguan amnesia Organik biasanya karena otak mengalami trauma/ penyakit, akibat dampak dari obat-obatan tertentu. Sedangkan amnesia Fungsional biasanya karena mekanisme pertahanan ego yabg tidak sesuai dengan kenyataan.

Pada sisi lain, demensia adalah penurunan kemampuan mental yang terjadi secara perlahan-lahan dimana terjadi gangguan daya ingat, pikiran, penilaian dan kemampuan untuk memusatkan perhatian. Demensia menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak dan biasanya muncul perlahan, dimana umumya menyerang usia diatas 60tahun, tapi bukan berarti demensia merupakan bagian dari proses penuaan yang normal.

Jadi jika anda cuma mengeluh lupa menaruh sesuatu benda belum termasuk dalam amnesia atau demensia bisa juga masih dlm hal yang wajar tapi jika anda sudah merasa hal ini telah mengganggu kegiatan sehari-hari anda maka saya menyarankan anda segera kunsultasi ke dokter spesialis saraf terdekat guna mendapatkan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut. Terima kasih. (Son)

 

dr S Saunderajen, SpS, Msi, Med

Spesialis Saraf di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA