Kamis 23 May 2013 08:34 WIB
Premi Asuransi

Premi Asuransi Astra Capai Rp 2,5 Triliun

Asuransi Astra Buana
Asuransi Astra Buana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Asuransi Astra Buana (AAB) membukukan pendapatan premi sebesar Rp 2,44 triliun di akhir tahun buku 2012. Angka ini tumbuh 13,3 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Direktur AAB Hendry Yoga menyatakan, sepanjang tahun lalu, perseroan mencatat premi bruto tumbuh 14,1 persen menjadi Rp 3,1 triliun. “Pencapaian ini menjadi prestasi tersendiri, mengingat pada 2012 terdapat perubahan pasar, seperti aturan uang muka yang dikeluarkan Kementerian Keuangan,” ujarnya, Rabu (22/5).

Kontribusi terbesar dalam perolehan premi perseroan adalah dari asuransi kendaraan bermotor, yaitu 62 persen atau Rp 1,899 triliun. Nilai ini tumbuh empat persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,821 triliun. Konsumen AAB dari kendaraan bermotor mencapai lima juta orang.

Sisa premi diperoleh dari asuransi alat berat sebesar 12 persen, asuransi kebakaran sebesar sembilan persen, pengangkutan laut sebesar empat persen, kecelakaan pribadi sebesar enam persen, rangka kapal laut sebesar dua persen, dan lain-lain. Beban klaim perseroan juga meningkat 19 persen menjadi Rp 1,12 triliun.

AAB juga berhasil mencatat laba bersih Rp 753,8 miliar pada 2012. Angka tersebut naik 6,1 persen dari 2011 yang mengantongi Rp 710,4 miliar. Keuntungan kotor perusahaan juga naik 14,1 persen menjadi Rp 3,1 triliun dari Rp 2,7 triliun.

Mulai tahun ini, AAB akan terus mengurangi porsi portofolio premi kendaraan bermotor. Penurunan porsi ini sejalan dengan strategi perseroan untuk mengembangkan asuransi kesehatan. Per akhir 2012 perseroan mencatat pertumbuhan asuransi kesehatan sebesar 28 persen. Asuransi Astra melakukan kerja sama dengan beberapa rumah sakit internasional di Malaysia dan Singapura untuk mengembangkan produk ini.

Meskipun demikian, AAB tidak berhenti menerbitkan produk asuransi bermotor baru.  Baru-baru ini, Garda Oto dari Asuransi Astra meluncurkan program Double Protection Double Happy. Program ini berlaku serentak hingga 31 Desember 2013.

Program baru tersebut memberikan keamanan dan kenyamanan berlipat kepada pemilik mobil. Setiap pemilik mobil yang melakukan penutupan polis asuransi mobil Garda Oto di semua cabang Asuransi Astra akan langsung mendapatkan gratis asuransi. Mulai dari asuransi jenis komprehensif sampai dengan perluasan jaminan favorit, seperti Personal Accident (PA) dan tanggung jawab hukum pihak ketiga. n friska yolandha ed: fitria andayani

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement