Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Alami Ejakulasi Dini, Apa Penyebabnya?

Jumat 17 May 2013 15:32 WIB

Red: Endah Hapsari

Alami Ejakulasi Dini, Apa Penyebabnya?

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, mohon maaf sebelumnya, saya mengalami ejakulasi dini. Karena itulah saya jadi tidak maksimal dalam berhubungan suami istri. Apa ada penyakit atau ada saran apa yang sebaiknya dilakukan dok? Terima kasih.

 

Nandi (34 tahun)

 

Jawaban:

Untuk mas Nandi yang terhormat, semoga selalu dalam limpahan rahmat terbaik. Berkaitan dengan apa yang disampaikan, maka hingga saat ini definisi ejakulasi dini masih beragam. Salah satunya adalah keluarnya cairan ejakulat pada saat penetrasi penis ke liang vagina kurang dari 2 menit.

Selain itu, tentu saja ada definisi lain yang juga mungkin dipahami secara berbeda oleh masyarakat. Berkenaan dengan hal itu, maka penyebab ejakulasi dini terutama akibat stress psikis, bisa berupa masalah suami istri, masalah keluarga, finansial, sosial sampai kepada masalah kelelahan akibat aktivitas kerja.

Sehingga dengan kondisi seperti itu, upaya untuk mengobati ejakulasi dini terlebih dahulu perlu diatasi stressor psikis seperti tersebut diatas. Kemudian dapat dicoba dengan melakukan modifikasi teknik hubungan suami istri, ada beragam teknik yang dapat dipergunakan.

Dalam hal ini sebaiknya dapat berkomunikasi dengan dokter Anda. Terlebih bila kemudian hasil observasi dan diagnosis menentukan bahwa memerlukan pemberian obat. Sedangkan hal yang bersambung dengan masalah suami istri sebaiknya diselesaikan melalu konseling dengan keterlibatan kedua belah pihak. Oleh karena hal ini menjadi kehendak bersama, agar didapatkan hasil yang memenuhi harapan dua belah pihak. Terima kasih. (nug)

dr Nugroho Budi Utomo, SpU

Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA