Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

PBB Siap Bantu Myanmar Hadapi Topan Mahasen

Kamis 16 May 2013 15:22 WIB

Red: Didi Purwadi

Topan Mahasen

Topan Mahasen

Foto: nasa.gov

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lembaga bantuan PBB telah bekerjasama dengan Pemerintah Myanmar untuk melakukan persiapan guna menghadapi topan tropis yang mengancam negara itu. PBB siap membantu memindahkan sebanyak 36.000 orang yang kehilangan tempat tinggal.

"Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menyatakan bahwa pemerintah di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, menyebutkan sebanyak 36.000 orang yang kehilangan tempat tinggal telah pindah saat Topan Mahasen mendekat," kata Martin Nesirky, Juru Bicara bagi Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, dalam taklimat harian di Markas PBB, New York.

Topan Tropis Mahasen yang diperkirakan mengancam jutaan orang di seluruh wilayah tersebut. Organisasi bantuan di Rakhine, termasuk Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dan OCHA, melihat banyak orang mungkin akan dipindahkan.

Lembaga bantuan juga menyediakan keterangan mengenai topan Mahasen serta perlunya warga pindah ke tempat aman dan mengenai rencana persiapan pemerintah.

''Pada saat ini, lembaga bantuan melaporkan keberatan dari sebagian orang yang kehilangan tempat tinggal agar pindah karena kurangnya pengertian. Mereka juga khawatir bahwa mereka takkan dikembalikan ke tempat mereka saat ini tinggal,'' kata Nesirky sebagaimana dilaporkan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Kamis.

"Lembaga PBB dan mitra mereka saat ini telah mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah mengenai pentingnya untuk menjamin keselamatan dan perlindungan rakyat yang terancam," katanya.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA