Senin 13 May 2013 13:08 WIB

Masak dengan Kecap, Ada Jurusnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Ibu memasak
Foto: sheknows.com
Ibu memasak

REPUBLIKA.CO.ID, Aneka hidangan bisa dimasak dengan tambahan kecap manis untuk menambah cita rasanya. Memasak dengan kecap nyatanya tak semudah menuangkannya ke atas sepiring nasi hangat. Kecap kerap gosong hingga menimbulkan kerak di wajan. Atau, warna masakan berubah menjadi kurang menarik akibat kebanyakan kecap. Kali lainnya, justru menjadi terlampau manis.

Koki sekaligus juri pada acara masak “Masterchef Indonesia” Degan Septoadji mengatakan, kecap manis merupakan bumbu masak yang sensitif. Penggunaannya pun harus berhati-hati. Dalam suhu panas, kecap akan mudah gosong.

Degan pun membagi tips memasak dengan kecap. Untuk membuat tumisan atau masakan yang dioseng, Degan mengatakan, sebaiknya kecap dimasukkan tidak di awal. Tambahkan kecap di akhir, sebelum masakan diangkat. Pada wajan panas, kecap bisa meletup-letup.

Namun, pastikan dulu masakan sudah matang, setelah itu baru tambahkan kecap manis sebelum diangkat. “Kecap disini hanya berfungsi untuk melapisi masakan,” ujarnya.

Memasak nasi goreng juga memiliki prinsip yang sama dengan menumis. Masukkan kecap pada tahap akhir memasak sebelum diangkat. Untuk menghindari gosong dan kerak di wajan, matikan kompor saat memberi kecap, aduk, kemudian nyalakan api lagi.

Sementara, untuk masakan jenis semur, ayam kecap, atau makanan berkuah lainnya yang menggunakan kecap, Degan mengatakan agar memasukkan kecap lebih banyak. Sebab, masakan ini menggunakan kaldu dan air. Kecap dalam jumlah banyak bertujuan untuk memberikan rasa yang seimbang.

Kecap, sambungnya, kerap berkurang rasanya saat bertemu air mendidih. “Cicipi dahulu, rasakan kecapnya sudah cocok belum. Jika belum, tambahkan lagi kecapnya,” ujarnya.

Beda lagi dengan pemberian kecap untuk daging panggang, ayam bakar, dan ikan bakar. Untuk masakan jenis ini, kecap dicampur minyak goreng, kemudian campurannya dioles beberapa kali sampai meresap. Putar ayam, daging, atau ikan yang dibakar supaya kecapnya merasuk ke dagingnya. “Fungsinya, untuk membuat bumbu meresap dan mencari warna yang bagus,” tambahnya.

Namun, sebelum dibakar atau dipanggang, ayam, ikan, atau daging sebaiknya diungkep terlebih dahulu dengan bumbu. Baru, dipanggang dan diberi kecap.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement